SITUS BERITA TERBARU

Emas Papua cukup sampai 2057, Freeport ngotot kelola hingga 2041

Saturday, July 6, 2013


SUMBER
[imagetag]
Proses renegosiasi kontrak karya antara pemerintah dan Freeport Indonesia masih belum ada kejelasan. Kontrak Freeport di Papua untuk 30 tahun tahap pertama akan berakhir pada 2021.

Walaupun belum ada titik temu, Freeport mengaku masih berambisi mengelola tambang emas terbesar di dunia itu. Apa yang membuat Freeport sangat berambisi mengelola tambang emas di Papua? Salah satunya karena cadangan emas yang masih sangat banyak.

"Cadangan terbukti yang sudah kami miliki cukup sampai tahun 2057," ujarPresiden Freeport Indonesia Rozik Sutjipto saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (5/7).

Freeport seolah ingin mengeruk seluruh cadangan emas yang ada di Papua. Dia berharap pemerintah dan Freeport akan menyelesaikan masalah renegosiasi sesegera mungkin agar bisa memperpanjang kontrak pengelolaan tambang emas di Papua.

"Freeport diperpanjang masih bisa sampai 2041 , kami gembira dalam waktu 3 bulan ini pemerintah akan menyelesaikan masalah ini. Ini seperti menentukan iya atau tidak," tutupnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa yang ikut rapat khusus dengan DPR terkait Otonomi Khusus Aceh dan Papua, menjawab beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh anggota DPR.

Dalam rapat yang dihadiri lima menteri ini, Hatta dibombardir dengan pertanyaan dan pernyataan mengenai keberadaan Freeport yang tidak memberikan keuntungan untuk Indonesia.

Hatta menanggapi santai pertanyaan dan pernyataan anggota DPR mengenai Freeport. Mantan Menteri Perhubungan ini menyebut bahwa renegosiasi kontrak dengan Freeport masih berlangsung dan sudah ada kemajuan.

"Kemajuan banyak, kalau renegosiasi itu semoga sesuai harapan kita. Hanya memang belum, pembicaraan masih berlangsung terus dan sudah ada masuk pemerintah daerah," ucap Hatta dalam rapat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

===============================================================
[imagetag]Gimana2 pendapat agan-agan sebaik nya di stop ato di perpanjang tu kontrak[imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive