SITUS BERITA TERBARU

Survei: Barang Tahan Lama Semakin Laris

Friday, March 7, 2014


Quote:Hasil penelitian Bank Indonesia menyebutkan penjualan barang tahan lama semakin meningkat sepanjang Februari 2014. Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Tirta Segara, mengatakan kenaikan penjualan terjadi pada produk elektronik. "Seperti telepon genggam, televisi, penyejuk ruangan, dan mesin cuci," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu, 5 Maret 2014.

Survei tersebut merupakan bagian dari Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) pada Februari 2014. Menurut Bank Indonesia, kondisi ekonomi saat ini membaik dibanding enam bulan sebelumnya. Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) pada Februari 2014 mencapai 111,7, atau lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya yang tercatat 110,9. Adapun pada Februari 2013 IKE berada pada level 109,7.

Menurut Tirta, kenaikan IKE dipicu oleh perbaikan persepsi konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja serta pembelian barang tahan lama. Meski demikian, melambatnya kenaikan penghasilan konsumen menyebabkan laju peningkatan IKE tidak secepat bulan-bulan sebelumnya.

Peningkatan IKE secara regional terjadi pada 8 dari 18 kota yang disurvei. Dua kota yang memiliki peningkatan tertinggi adalah Ambon (16,3 poin) dan Makassar (14,1 poin). Konsumen dengan tingkat pengeluaran Rp 2-3 juta per bulan mengalami kenaikan pengeluaran. Bank Indonesia pun menyatakan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) masih berada pada level optimis, yaitu 116,2. Meski demikian, angka ini masih lebih rendah dibanding Januari 2014 yang mencapai 116,7.


sumber: TEMPO

sudah banyak yang sadar kalau barang awet tapi mahal itu lebih baik dibanding murah tapi gonta ganti terus
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive