SITUS BERITA TERBARU

Jokowi: Mentor Politik Saya Bung Karno

Monday, March 31, 2014
Quote:

NGAWI - Karir politik Joko Widodo semakin melejit. Memulai karir sebagai Wali Kota Solo, pria yang karib disapa Jokowi itu pun melenggang menjadi Gubernur DKI Jakarta. Bahkan kini Jokowi sudah resmi diusung sebagai calon presiden dari PDI Perjuangan. Lantas siapa mentor politik Jokowi hingga bisa menapaki karir gemilang? Pria bertubuh ceking ini menegaskan punya tiga mentor dalam berpolitik.

"Tiga mentor politik saya. Bung Karno, Megawati Soekarnoputri dan rakyat," kata Jokowi di sela-sela mengunjungi situs rumah kediaman Dr KRT Radjiman Wedyodiningrat, di Desa Kauman Kecamatan Widodaren, Ngawi, Jawa Timur, Senin (31/3) sekira pukul 10.35.

Bung Karno yang dimaksud Jokowi adalah Presiden RI pertama yang juga Bapak Proklamator. Sedangkan Megawati tak lain adalah Ketua Umum PDI Perjuangan, anak Bung Karno, serta Presiden RI kelima.

Dalam kesempatan itu, Jokowi membacakan "Surat Perintah Empat Perjuangan" dari Megawati. "Pada kesempatan yang baik ini, saya Joko Widodo calon presiden dari PDI-P akan membacakan Surat Perintah Empat Perjuangan," kata Jokowi.

Isi surat Empat Perjuangan, itu adalah pertama amankan Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

Kedua, jalankan Trisakti secara konsisten melalui pembangunan semesta berencana. Ketiga, utamakan prinsip musyawarah dan gotong royong serta keempat dedikasikan hidupmu untuk rakyat.

Dalam kesempatan ini pula, Jokowi menegaskan sebagai capres PDI Perjuangan dan sesuai apa yang disampaikan Megawati kembali mengingatkan agar bangsa Indonesia kembali pada jejak sejarahnya. "Maka saya mengharapkan pada seluruh rakyat Indonesia agar janganlah kita meninggalkan sejarah," kata Jokowi.

Selain itu, ia mengajak untuk mewujudkan bersama pemilu yang jujur dan demokratis. "Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengawasi TPS (Tempat Pemungutan Suara)," ungkap Jokowi. (boy/jpnn)

Sumber


Kembali ke cita2 Bung Karno: BERDIKARI...!!
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive