SITUS BERITA TERBARU

Faktur Palsu, Ekonomi China Ternyata Suram

Wednesday, July 10, 2013
Beijing - China harus rela melihat perekonomiannya masuk ke kegelapan setelah rontoknya kegiatan perdagangan di negara yang kini menjadi mesin ekonomi terbesar kedua dunia ini.

Pemerintah negeri komunis tersebut, merilis data ekspor Juni lalu anjlok 3,1 persen, sedangkan impor turun 0,7 persen dari periode sama 2012 lalu. Padahal sebelumnya, sejumlah analis perekonomian menduga kegiatan ekspor dan impor China mengalami perbaikan pada bulan lalu.

Awal tahun ini, Pemerintah China mengaku telah menggunakan faktur palsu dalam menghitung kegiatan perdagangan. Sehingga, catatan kegiatan ekspor nampak naik signifikan. Inilah yang melahirkan kekhawatiran baru terkait pengaruhnya terhadap perlambatan ekonomi global.

�Saat ini China menghadapi tantangan serius dalam kaitannya dengan perdagangan," ujar juru bicara Departemen Perdagangan China, Zheng Yuesheng, Rabu (10/7/2013). Zhen meneruskan, aksi ekspor pada kuartal III diperkirakan masih suram. Departemen perdagangan negeri tersebut melaporkan para eksportir hilang kepercayaan terhadap pasar di luar negeri, melonjaknya upah buruh, serta menguatnya mata uang Yuan.

Ekonomi dunia saat ini pun, harus menghadapi tantangan besar lantaran penggerak ekonomi dunia menghadapi kesulitan. Pertumbuhan di Amerika Serikat lesu, ekonomi Cina Suram dan Eropa belum juga usai hadapi persoalan ekonomi bersamanya.

IMF pun memberikan prediksi pertumbuhan ekonomi global hanya berada di kisaran 3,1 persen untuk tahun ini atau turun 0,2 persen dari perkiraan semula yaitu, 3,3 persen.

------
Kalo China aja suram, gimana indonesia ya Gan? Gelap gulita? [imagetag]


SUMBER
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive