SITUS BERITA TERBARU

Tiga Momen Kedekatan Jokowi dan Menteri Susi

Saturday, November 29, 2014


Jakarta - Berbagai peristiwa yang mendekatkan Presiden Joko Widodo dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Tempo mencatat tiga momentum yang menghubungkan kedekatan antar keduanya.

Saat kampanye 30 April 2014, Jokowi menyewa pesawat jet Susi Air untuk mengantarnya dari Kalimantan Selatan ke Malang, Jawa Timur. Pesawat yang bermuatan tujuh penumpang itu biasa digunakan untuk penerbangan perintis ke daerah pelosok. pesawat tersebut adalah milik Menteri Susi.

Menurut Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto, pesawat itu merupakan bantuan dari pihak ketiga. Catatan bantuan ini dilaporkan sebagai dana kampanye PDI Perjuangan. "Pesawat itu tak sembarangan. Pemilik pesawat menceritakan bagaimana perjuangannya mengekspor ikan, hingga bisa membeli pesawat sendiri," katanya.

Jokowi memiliki alasan khusus memilih Susi menjadi menteri. Menurut pengakuan Susi, Jokowi membutuhkan orang gila untuk membangun dan memperbaiki kondisi negeri. "Presiden Jokowi bilang, 'Ibu Susi, negeri ini perlu orang gila'. Saya bilang ke dia, 'ya, Bapak mendapat orang gila'," kata Susi dalam wawancara dengan majalah Tempo beberapa waktu lalu.

Dua hari setelah menjabat, Susi langsung mengumumkan moratorium pemberian izin untuk kapal penangkap ikan. Ia menilai, angka pencurian ikan di dalam negeri sangat tinggi.

Pada Rabu, 26 November 2014, Jokowi bersama Susi mengecek kampung nelayan di Pantai Malabero, Kecamatan Teluk Segara, Bengkulu. Susi menceritakan berbagai curhat nelayan yang dirugikan karena banyak kapal yang menangkap ikan dengan trawl atau pukat harimau.



Sumber : http://untuknkri.org/tiga-momen-kede...n-menteri-susi

Link: http://adf.ly/ujlT8
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive