SITUS BERITA TERBARU

Jalan Provinsi Sering Rusak, DPRD Jabar Minta Pemprov Membeton Jalan

Friday, May 30, 2014

JAVANEWS.COBandung â?? Penyebab banyaknya kerusakan jalan diakibatkan karena banyaknya kendaraan besar yang melintas ke jalan-jalan provinsi. Diperparah lagi kendaraan besar tersebut membawa muatan melebihi tonase.

Menurut Anggota Komisi D DPRD Jawa Barat Ali Hasan, pembetonan harus dilakukan di seluruh jalan provinsi yang ada di Jabar. Sebab, jalan yang kewenangannya berada di Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu sering dilalui kendaraan bermuatan berat.

â??Kalau tidak dibeton, jalan akan cepat rusak. Karena jalan provinsi ini banyak dilalui kendaraan berat,â?? kata Ali saat dihubungi, Selasa (27/5).

Ali memahami tingginya biaya yang diperlukan untuk membeton seluruh jalan provinsi. Namun, jika melihat kemampuan keuangan pemprov, hal tersebut bukan mustahil dilakukan di Jabar.

Maka dari itu, Ali pun meminta Pemprov Jabar melakukan pembenahan terhadap proses tender perbaikan jalan.

â??Selama ini, jumlah anggaran untuk perawatan jalan provinsi yang telah disepakati tidak sesuai dengan nilai perbaikan yang ditenderkan,â?? katanya.

Sehingga, tidak heran jika pada akhir tahun selalu muncul sisa lebih penggunaan anggaran (SILPA).
â??Ditenderkan tidak sesuai dengan nilai. Jangan SILPA lebih dianggap keuntungan,â?? katanya.

Lebih lanjut Ali berpendapat, sudah selayaknya seluruh jalan di kabupaten/kota di Jabar kondisinya baik dan mulus. Jika pemerintah kabupaten/kota tidak mampu memperbaiki, maka pemprov harus turun tangan dengan memberi bantuan untuk perbaikan jalan milik kabupaten/kota.

â??Jika kabupaten/kota tidak sanggup karena anggaran, kewajiban provinsi harus membantu,â?? tegasnya.

SUMBER
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive