SITUS BERITA TERBARU

Cina Benamkan Kapal Ikan Vietnam, Picu Ketegangan Lagi?

Friday, May 30, 2014
\
NEFOSNEWS, Jakarta â?? Konflik antara Cina dan Vietnam terkait aksi pengeboran minyak Cina di Laut Cina Selatan yang baru mereda, berpeluang tersulut lagi akibat aksi Cina membenamkan kapal ikan Vietnam.

Hubungan Cina dan Vietnam memanas dalam beberapa minggu terakhir menyusul keputusan Cina membangun kilang di perairan sengketa Laut Cina Selatan. Vietnam mengklaim wilayah itu masuk zona ekonomi ekskusif mereka.

Tepatnya, Cina melakukan pengeboran minyak Haiyang Shiyou 981 di dekat Pulau Paracel, yang diklaim Hanoi melanggar wilayah. Tak pelak, keputusan Cina mengundang reaksi keras warga Vietnam yang menggelar protes besar-besaran.

Aksi anti-Cina meluas tak terkendali. Aksi pembakaran pabrik-pabrik milik pengusaha Cina bahkan menewaskan dua orang dengan puluhan luka-luka.

Cina bergerak cepat mengevakuasi ribuan warganya di Vietnam. Ketegangan pun mereda. Namun, seperti memantik api, ketegangan berpeluang â??meledakâ?? kembali menyusul aksi penenggelaman kapal ikan Vietnam oleh kapal Cina.

Seperti dituturkan pejabat resmi Vietnam dan dikutip dari BBC, kapal ikan Vietnam itu dikepung oleh 40 kapal Cina sebelum akhirnya diserang dan tenggelam. Insiden terjadi sekitar 17 mlanjut link sumber aja klik
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive