SITUS BERITA TERBARU

Mengamati Lebih Dekat Bus Tingkat Pariwisata Luar Dalam

Thursday, January 9, 2014
Harga Bus Tingkat VVIP Buatan Lokal Rp3,5 Miliar
Jakarta : Bus tingkat (double decker) VVIP buatan lokal di bandrol seharga Rp3,5 miliar oleh PT Karoseri Nusantara Gemilang (KNG)

"Bus tingkat mewah ini kita beri nama Miracle dengan harga Rp3,5 miliar," kata Penanggungjawab Produksi PT Karoseri Nusantara Gemilang, T Indarto usai roadtest bus tingkat buatan lokal di Jakarta, Rabu (8/1).

Berdasarkan pemantauan Metrotvnews.com, bus tingkat VVIP itu memang sepadan dengan fasilitas dan bentuknya yang mewah.

Miracle biru ini memiliki kabin lantai bawah yang dibagi menjadi dua ruang terpisah. Kabin depan dibuat khusus pengemudi berikut seorang asisten. Sementara kabin tengah dibuat menyerupai ruang tamu, lengkap dengan sofa, TV, toilet, kulkas, serta berbagai kelengkapan lainnya, termasuk intercom sebagai jalur komunikasi antarkabin.

Adapun bagian atasnya (lantai 2) kabin tampak lebih lega, terdapat sekitar 20 kursi penumpang dengan konfigurasi jok 2-

1. "Penumpang dijamin betah sebab setiap jok dilengkapi fasilitas pijat dan monitor," tambah Indarto

Dengan mengklaim sebagai buatan lokal pertama di Indonesia, Miracle menjanjikan pemandangan yang berbeda sebab kaca-kaca besar di sekeliling kabin tampak elok.

Indarto menambahkan pihaknya juga bisa membuat bus tingkat jenis reguler sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ditawarkan.

"semua isi interior bisa diubah tergantung permintaan konsumen (pemesan)," terangnya.

Ia pun berharap agar pemerintah turut melihat produk lokal berkualitas yang tak kalah saing dengan buatan luar negeri.

"Kita berharap pemerintah melihat kita. Saya jamin buatan lokal ini jauh lebih baik, sebab terbuat dari bahan alumunium dan bersifat lifetime," pungkas Indarto kepada Metrotvnews.com.

Seperti yang diketahui, Pemprov DKI Jakarta mendatangkan bus tingkat asal China dengan harga satu unitnya Rp3 miliar. Rencananya, Kelima unit bus pariwisata asal China itu akan tiba esok hari, 9 Januari 2014.

sumber

Karoseri Maxi Miracle dibangun memakai galvanised steel untuk konstruksi rangka serta aluminium untuk dinding bodi. Menurut penjelasan, salah satu kelebihan kombinasi material ini adalah umur pemakaian menjadi lebih panjang, hingga 8 tahun.

"Awalnya kita rencanakan karoseri untuk bus antarkota dengan pemakaian reguler. Namun, melihat infrastruktur jalan yang belum memadai, kita anggap paling realistis dipakai menjadi armada perusahaan jasa transportasi di segmen pariwisata," urai T Indarto, General Manager KNG, kepada KompasOtomotif.

KNG mengatakan, Maxi Miracle masih dalam tahap proses uji coba. Targetnya, empat unit produksi siap beroperasi pada tahun ini. Karoseri Maxi Miracle diproduksi di pabrik KNG Kudus, Jawa Tengah. Sebanyak 90 persen komponen disuplai oleh perusahaan lokal sehingga banderol bisa lebih kompetitif, satu Maxi Miracle bisa didapat mulai dari Rp 3,5 miliar.

Kabin
Lantai bawah dibagi menjadi dua ruang terpisah. Kabin depan khusus buat pengemudi berikut seorang asisten, sedangkan kabin tengah dibuat menyerupai ruang tamu, lengkap dengan sofa, TV, kulkas, serta berbagai kelengkapan lainnya, seperti toilet, termasuk interkom sebagai jalur komunikasi antarkabin.



Di lantai atas, kabin lebih lega dengan kapasitas hingga 20 penumpang yang terbagi dalam konfigurasi jok 2-1. Penumpang dijamin betah karena setiap jok dilengkapi fasilitas pijat dan monitor. Kaca besar di sekeliling kabin atas menjanjikan pemandangan yang berbeda dibandingkan bus satu lantai.

Indarto mengatakan, seluruh isi interior bisa diubah tergantung permintaan perusahaan pemesan. "Kalau mau kita bisa buatkan sampai muat 68 penumpang, di bawah 22 dan di atas 46," imbuhnya.

Sasis
Maxi Miracle memakai sasis R37 6X2 milik pabrikan truk dan bus asal Jerman, MAN, yang dibuat khusus untuk mengadopsi karoseri bus tingkat. Platform ini juga yang membuat Maxi Miracle bisa memiliki dimensi panjang 13,5 m, lebar 2,5 m, dan tinggi 3,96 m.

Selain sasis, MAN menyuplai mesin diesel commonrail 12 liter bertenaga 466 PS berikut transmisi ZF Tipmatic, 12-percepatan.


sumber

mantap bus buatan lokal nih
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive