SITUS BERITA TERBARU

Ane punya ide solusi untuk banjit Ibuk Kota

Friday, January 31, 2014
Pak Jokewi sudah blusukan keluar masuk lobang kemiskinan, ketidak tertataan perumahan dan gedung, kesemrawutan drainase, ngebolak balik sampah bahkan nyungsep2 juga ke air banjir. (Sepertinya ga ada kerjaan lain di Jakarta ya gan ? Hehehe?. Tapi langkah-langkah solutif yg di ambil sepertinya kurang siknifcant dan cenderung stereotif. Faktanya doku APBD Jakarta sudah jor joran untuk ngurangin banjir aja belum kliatan ada hasil, sementara program yang sudah di jalankan sudah sesuai alur bahkan sudah selesai seperti pembersihan kawasan kantung banjir di daerah pluit, bantaran kali ciliwung dll. Tapi hingga kemaren ? Masih nol prothol. Bahkan intensitas banjir lebih banyak dalam satu tahun ini.
Sebab banjir menurut saya gan.
1. Drainase yg semrawyut.
2. Tata kota dan bangunan yg mengabaikan faktor lingkungan, contoh tanda tangan mantan Walikota yg ijinin mbangun gedung di kawasan resapan sepanjang jl. TB. Simatupang dan di kawasan lain di Jakarta.
3. Resistensi tanah Jakarta sudah meninggi terhadap penerimaan air sehingga tidak ada tempat bagi air untuk meresap.
4. Ketiga hal tersebut diatas membuat air harus mengalir dan harus tertampung, belum lagi kondisi wilayah darat Jakarta yang setiap tahun menurun dari permukaan air laut.
5. Faktor hujan yang tidak mungkin dielakkan setiap waktu dan tidak baek juga kalau kita rekayasa.

Solusi menurut ane gan.
1. Kita musti cari tau asal datangnya air, kita tahu semua berhulu dari kiriman air yang di tanggul di Katulampa Bogor. Dari sini ni asal muasal sumber grojokan airnya. Oleh karena itu, kita musti lihat bagaimana kondisi Katulampa ?. Nih kondisinya. Katulampa sebenernya cuman tanggul kecil dengan panjang dan lebar rata2 450 m x 30 meter. Gedean kali2 di kalimantan gan.... Belum lagi kedalamannya yg cetek banget. Pastilah ta,pungannya cuman dikit sehingga mudah meluber.

Nih luasan Katulampa dari glogleg. Sumber : indonesiakita.com

Sumber : news.liputan6.com
Nih gambar tanggulnya, kecil amatbkan ? Di banding kerugian yg menimpa Jakarta marena bangjirrr.
2. Kalo di hitung2, debit air yg ngalir dari katulampa juga gak banyak2 amat di banding yg di tampung Kedung Ombo misalnya. Air di Katulampa cuman dikit gan.....
3. Menurut ane, mending uangnya Jakarta di pakai patungan sama Bogor untuk bikin seperti waduk yg luasannya tidak usah gede2, cukup 3 kali dari luasan sekarang aja plus kedalamnnya di dalami. Tuh para operator alat berat tambang batubara kecil kerjain yg giniaaan. Danau besar aja di bikin, ya gak gan ? Tuh liat di kalimantan. Dengan memperluas areal Katulampa, gak butuh dana banyak2, paling bebasin lahan sekitar yang masih sawah dan rawa, ada si sedikit rumah tapi mahalnya ga kayak ngasih pesangon gusuran di jakarta.

Sumber : bisnis.liputan6.com
Tuh bikin kayak gitu tuh..... Mungkin gak perlu segede itu sudah cukup... Anggaran ? Paling cuman sekarung doku, gak perlu se container ya gak gan ?
4. Dengan di perluas dan di kuatinnya tanggul Katulampa, tampungan air jadi jauh lebih cukup untuk menahan air nggrojok ke Jakarta bahkan arusnya bisa di atur untuk perbaikan sistem drainase Jakarta. Lebih lagi. Dengan tampungan air yg di organisir dg baik sangat buanyak membawa manfaan. Bisa bikin PLTA, piara ikan, pariwisata dll lah... Yg penting ngurusnya bener2 lillahita'ala bukan lil fulus aja.
5. Setelah yg di atas jadi gan.... Baru Jakarta musti perbaiki lingkungan sepanjang bantaran kalinya. Suampah ! Eh sampah gan ! Org jakarta pada jorog ! Musti di bangunmental yg benerrrrr.....

Nah itu pikiran ane gan....
Silahkan di tomboki...

Moga mangpangat.
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive