SITUS BERITA TERBARU

Pemimpin Catalunya Tak Terima Referendum Ditunda

Wednesday, October 1, 2014
Quote: Pemimpin Catalunya Tak Terima Referendum Ditunda



Pemerintah wilayah Catalunya akhirnya memutuskan untuk menghentikan kampanye yang menuntut referendum kepada Spanyol pada Selasa, 30 September 2014. Keputusan itu dibuat setelah Spanyol mengajukan blok hukum untuk referendum dan telah disetujui oleh Mahkamah Konstitusi Spanyol kemarin.

"Dalam beberapa jam ke depan kami akan mengajukan argumen untuk membatalkan penundaan pemungutan suara. Meskipun kami telah menghentikan kampanye, kami tidak akan menyerah," kata Francesc Homs, juru bicara pemerintah Catalunya, seperti dilaporkan Reuters, Selasa, 30 September 2014.

Pemerintah pusat Spanyol menilai pengambilan suara akan melanggar aturan negara hukum karena hanya diadakan di Catalunya saja, tetapi tidak di negaranya. Penangguhan pengambilan suara ini akan dilakukan hingga beberapa bulan ke depan.

Meskipun aksi kampanye tidak akan terjadi untuk sementara waktu, gerakan separatis minoritas di Catalunya semakin besar dalam beberapa tahun terakhir. Menurut laporan, mereka adalah tokoh utama penggerak referendum.

Pada Sabtu, 27 September lalu, kepala pemerintah regional Catalunya, Artur Mas, telah menandatangani dekrit yang menyatakan daerahnya akan menggelar referendum untuk berpisah dari Spanyol.

Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy pada Senin kemarin mengaku sangat menyesalkan keputusan Artur. Menurut dia, tidak ada satu pun kelompok di Spanyol yang bisa mengambil keputusan atas kedaulatan yang mempengaruhi seluruh negeri.

SUMBER

tanggapannya agan dan mbaknya gimana nih ?


Link: http://adf.ly/sVc2c
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive