SITUS BERITA TERBARU

Rusia perluas pangkalan militernya di Kirghizstan

Sunday, October 27, 2013
Bishkek, Kirghizstan (ANTARA News) - Rusia akan memperluas pangkalan udaranya di Kirghizstan pada akhir tahun ini menjelang penutupan satu pangkalan Amerika Serikat di negara itu, kata seorang komandan senior, Sabtu.
http://www.tlaxcala-int.org/upload/gal_5819.jpg[imagetag]
Jumlah pesawat di pangkalan udara Kant Rusia di negara itu "akan meningkat setidaknya dua kali lipat pada Desember ini," kata Viktor Sevastyanov, seorang komandan senior angkatan udara Rusia dalam satu acara memperingati ulang tahun ke-10 pangkalan itu.

Rusia juga akan mengirim lebih banyak pilot, katanya dalam pernyataan yang disiarkan televisi.

Pangkalan udara Kant tahun lalu adalah satu sumber percekcokkan antara Kirghizstan dan Rusia, yang bersaing untuk merebut pengaruh di kawasan itu dengan Amerika Serikat, yang menyewa pangkalannya di Manas yang berakhir Juli.

Tahun lalu Presiden Kirghizstan Almazbek Atambayev mengeluh bahwa pangkalan Rusia itu tidak menguntungkan bagi Kirghizstan dan bahkan berhutang pada Bishkek 15 juta dolar untuk sewa.

Akan tetapi pada September Rusia dan Kirghizstan menandatangani satu perjanjian yang mengizinkan Moskow melanjutkan operasi-operasi di Kant sampai tahun 2032 dengan imbalan Moskow menghapuskan utang hampir setengah miliar dolar AS negara Asia Tengah itu.

Pangkalan yang terletak sekitar 20km dari Bishkek, kini memiliki 10 pesawat tempur Sukhoi, dua helikopter Mi-8 dan sekitar 12 pesawat transpor dan latih. Itu adalah satu-satunya pangkalan udara Rusia di Asia Tengah.
[imagetag]
AS sementara itu menarik operasi-operasi penerbangan dari pangkalan Manas menjelang masa sewanya berakhir, dan akan menggunakan satu pangkalan udara alternatif di Romania sebagai satu tempat transit bagi pasukannya meninggalkan Afghanistan, demikian AFP.

saos

akhirnya negeri beruang bisa menggantikan dominasi asu.
btw assad seneng nih lalala yeyey [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive