SITUS BERITA TERBARU

Ini Dia Kunci Sepeda Pintar Anti Maling

Thursday, October 31, 2013
[imagetag]

Tren bersepeda yang semakin marak membuat sebagian besar orang ramai-ramai membeli sepeda. Namun Anda harus hati-hati karena banyak pencuri yang mengintai sepeda Anda.

Untuk mencegah hal yang tak diinginkan, dua pemuda lulusan Universitas Oxford Inggris, Franz Salzmann dan Daniel Zajarias-Fainsod, menciptakan sebuah kunci sepeda pintar yang menawarkan banyak fitur agar sepeda tidak mudah dicuri. Seandainya pun sepeda berhasil dicuri, akan bisa ditemukan kembali.

Lock8, demikian nama alat pengaman sepeda tersebut, dapat terhubung dengan smartphone. Jadi untuk mengunci dan membuka kunci sepeda hanya cukup melalui aplikasi yang ada di smartphone melalui koneksi Bluetooth. Untuk berjaga-jaga, disediakan pula kunci darurat apabila baterai ponsel habis.

Menurut yang dilansir TechCrunch, Lock8 dilengkapi dengan empat sensor. Beberapa di antaranya adalah 'Geolocator' bersistem GPS untuk melacak sepeda Anda ketika dicuri, 'Smart cable' yang bisa mengaktifkan alarm ketika kabel atau rantai pengunci dipotong, serta 'Gryo Accelerometer' yang akan mengaktifkan alarm ketika kabel digergaji, dibor, digerinda atau diketok palu sekalipun.

Ditambah sensor 'Temperature' yang berguna ketika pencuri mencoba memotong kabel pengaman dengan menggunakan mesin las atau alat pembeku. Sensor itu secara otomatis akan mengaktifkan alarm ketika suhu meningkat atau menurun secara drastis. Alarm dapat diaktifkan dengan dua cara yaitu dengan bunyi suara kencang dan notifikasi via ponsel.

Yang menarik, jika Anda ingin meminjamkan sepeda kepada teman, Anda bisa mengirim e-Key alias kunci digital ke ponsel mereka melalui grup Facebook sehingga mereka bisa membuka kunci Lock8 dengan ponsel mereka.

Dan hebatnya lagi, untuk mengisi baterai Lock8 Anda cukup menggowes sepeda saja. Kunci sepeda cerdas ini masih dalam tahap negosiasi dengan mitra manufaktur untuk diproduksi secara massal. Rencananya kunci sepeda cerdas ini akan mulai diproduksi pada Februari 2014 dengan harga ritel US$ 199 atau Rp 2,2 jutaan.

[imagetag]

sumber

yang punya sepeda mahal, buruan beli deh [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive