SITUS BERITA TERBARU

Kalah Pilkada Kolaka, Farhat Abbas Gugat KPUD ke MK

Wednesday, October 30, 2013
Quote:[imagetag]


Dua pasangan cabup-cawabup menggugat Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, atas hasil pilkada setempat ke Mahkamah Konstitusi (MK). 1 Dari 2 pasangan itu adalah pengacara Farhat Abbas yang berpasangan dengan Sabaruddin Labamba. Pasangan lainnya, yakni Amir Sahaka dan Parmin Dasir.

Hal tersebut dibenarkan Komisioner KPU Kabupaten Kolaka, Syahlan Launu. Dia mengatakan kedua pasangan itu menggugat hasil pilkada yang digelar 20 Oktober 2013. Salah satu gugatan terhadap KPU Kolaka itu adalah mempertanyakan legal standing keikutsertaan masyarakat Kolaka Timur dalam pencoblosan pilkada tersebut.

"Selain itu juga ada delik dugaan penggelembungan suara oleh KPU. Gugatan disampaikan oleh salah satu pasangan cabup-cawabup," ujar Syahlan, yang dikutip Liputan6.com, Rabu (30/10/2013).

Dia juga menjelaskan, pihak KPU mengapresiasi 2 pasangan cabup yang melakukan gugatan terhadap hasil Pilkada Kolaka, karena hal itu merupakan hak setiap warga negara. "Yang jelas, kami, pihak KPU, akan melayani gugatan itu," jelasnya.

Meskipun demikian, lanjut Syahlan, KPU sudah mempersiapkan beberapa pengacara untuk menghadapi gugatan yang diajukan oleh 2 pasangan calon bupati-calon wakil bupati itu.

Pilkada Kolaka yang digelar pada 20 Oktober 2013 diikuti 5 pasangan cabup-cawabup, yakni Ahmad Safei-Muh Jayadin (SMS Berjaya) nomor urut 1, Najmuddin Haruna-Rusman (Beriman/2), Farhat Abbas-Sabaruddin Labamba (Farhat-SBL/3), Harun Rahim-Rustam Pettanyalla (Harus/4) dan Amir Sahaka-Parmin Dasir (Aspirasi/5).

Hasil rapat pleno KPU atas perolehan suara pilkada itu menempatkan pasangan Ahmad Safei-Muh Jayadin memperoleh 69.925 suara atau 41,82%, disusul Amir Sahaka-Parmin Dasir meraih 58.619 suara (35,06%).

Selanjutnya posisi ketiga ditempati pasangan Harun Rahin-Rustam Pettanyalla mendapatkan 19.462 suara (11,64%), keempat Najmuddin-Rusman memperoleh 13.778 suara (8,24%) dan kelima Farhat Abbas-Sabaruddin Labamba hanya mengumpulkan 5.404 suara (3,23%).

Sementara hasil Pilkada Kolaka terhimpun 167.188 suara sah dari 242.043 daftar pemilih tetap (DPT) dan yang tidak sah secara keseluruhan 2.323 suara.


SUMBER



Calon Presiden Kalah Dalam Pilkada ??? [imagetag] [imagetag] [imagetag]

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive