SITUS BERITA TERBARU

Jual Minyak Goreng dari Limbah Selokan, Pria China Dipenjara Seumur Hidup

Thursday, October 10, 2013
Quote:[imagetag]
Polisi Tiongkok sedang memeriksa minyak goreng yang terbuat dari sampah dan limbah di Beijing (sumber: AFP)

Sebuah pengadilan di Tiongkok, Rabu (9/10), menjatuhkan hukuman seumur hidup kepada seorang lelaki, dan penjara 15 tahun kepada belasan orang lainnya, yang terbukti membuat minyak goreng dari limbah minyak serta daging yang dipungut dari selokan.

Pengadilan di kota Lianyungang, 480 kilometer di utara Shanghai, menyatakan lelaki, yang bernama Wang Chengkui, itu bersalah karena membuat dan menjual "minyak goreng beracun dan berbahaya" selama periode Januari 2011 sampai Maret 2012.

Perusahaan Kangrun, yang dioperasikan oleh Wang, memproduksi minyak gorengnya dari minyak bekas, kulit dan jeroan binatang seperti ayam, bebek, dan babi - yang di Tiongkok dikenal dengan nama "minyak goreng selokan".

"Minyak goreng selokan" biasanya mengacu pada minyak goreng ilegal yang diolah dari minyak goreng bekas di restoran-restoran. Setelah diolah, minyak bekas ini dijual seolah-olah minyak goreng baru.

Selain dipenjara seumur hidup, hak-hak politik Wang dicabut dan aset pribadinya disita negara.

Minyak produksi Kangrun dijual ke lebih dari 100 perusahaan makana atau penyulingan minyak goreng di Anhui, Sichuan, Chongqing, dan Beijing, ibu kota Republik Rakyat Tiongkok. Dari penjualan itu Kangrun meraup sekitar 60 juta yuan sekitar Rp 19 miliar pada periode Januari 2011 sampai Maret 2012.

Sumber:
  • http://internasional.kompas.com/read/2013/10/09/1935080/Jual.Minyak.Goreng.Bekas.Pria.China.Dipenjara.Seumur.Hidup
  • http://www.beritasatu.com/dunia/143391-pembuat-minyak-goreng-dari-limbah-selokan-dipenjara-seumur-hidup.html
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive