SITUS BERITA TERBARU

Ternyata, Alquran Terberat di Dunia Ada di Indonesia

Tuesday, July 9, 2013
Alquran terberat di dunia ternyata ada Indonesia. Kitab suci yang terbuat dari alumunium dengan berat 1,2 ton itu, saat ini ada di Pondok Pesantren Al-Shiryyah Nurul Iman, di Kampung Waru, Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Alquran terberat ini dibuat oleh pendiri Ponpes Al-Shiryyah,Habib Saggaf bin Mahdi bin Syekh Abu Bakar bin Salim, bersama delapan temannya yang hafal Alquran. Alquran dibuat di daerah Bintaro, Tangerang Selatan dan memakan waktu sampai 5 tahun, yaitu sejak 1985 sampai 1990. Biaya yang dikeluarkan untuk membuatnya mencapai Rp500 juta.

Saat proses pembuatan, seluruh ulama pembuatanya melaksanakan ibadah puasa penuh selama 5 tahun dan suci berwudhu.

Kitab suci itu terdiri dari 30 juz, 6.666 ayat dan 114 surat dan saat ini masih tersimpan rapih di perpustaan ponpes dan biasa digunakan santri untuk belajar.

Ayat-ayat suci di dalam Alquran itu ditulis dengan cat khusus dengan kualitas tinggi dan tahan hingga ratusan tahun. Alquran berwarna hijau, terdiri dari 270 lempeng alumunium dengan ukuran 1,2 meter x 1,5 meter dengan ketebalan 3 milimeter.

Menurut Habib Saggaf, Alquran terberat di dunia itu dibuat untuk memudahkan para santri yang jumlahnya mencapai 18 ribu orang untuk belajar menghafal Al-quran.

Sejumlah pejabat tinggi di Republik banyak yang menawarkan diri untuk memiliki Alquran tersebut. Salah satunya adalah almarhum Presiden RI KH. Abburrahman Wahid atau Gus Dur. Bahkan ada orang-orang dari mancanegara.(sumber)

Mantap,,,,,
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive