SITUS BERITA TERBARU

SBY Marah, Menteri-menteri Ekonomi Kalang Kabut

Saturday, July 13, 2013
SBY Marah, Menteri-menteri Ekonomi Kalang Kabut

[imagetag]


Quote:Pemerintah akan mengevaluasi implementasi impor daging dalam waktu dekat menyusul hasil rapat kabinet terbatas yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Sabtu, 13 Juli 2013. Menteri Pertanian Suswono mengatakan rapat evaluasi ini akan dilakukan di Kementerian Koordinator Perekonomian.

"Menindaklanjuti rapat hari ini, pekan depan akan ada evaluasi. Biasanya Rakor Pangan dilakukan hari Rabu. Tetapi mungkin kali ini digelar Senin (15 Juli 2013)," kata Suswono ketika dihubungi Tempo, Sabtu, 13 Juli 2013.

Dalam rapat Sabtu, 13 Juli 2013, Suswono dan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan ditegur oleh Presiden karena belum berhasil menstabilkan harga daging sapi. Suswono mengakui perlu penyederhanaan perizinan impor agar proses impor tak berbelit dan kebutuhan domestik bisa segera dipenuhi saat produksi lokal tak mencukupi.

Suswono mengatakan, dari hasil evaluasi di Rapat Menko Perekonomian, baru akan ditindaklanjuti apakah perbaikan dilakukan dengan revisi Peraturan Menteri Pertanian, Peraturan Menteri Perdagangan, atau di tingkat yang lebih tinggi. "Karena perizinan impor ini juga, kan, terkait dengan Undang-Undang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Kalau perubahan ada di tataran yang lebih rendah, penyesuaiannya bisa lebih cepat," kata Suswono.

Dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, setiap importir produk hewan diwajibkan memperoleh izin pemasukan dari Menteri Perdagangan setelah mendapat rekomendasi dari Menteri Pertanian. Peraturan ini juga diturunkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 22 Tahun 2013 tentang Ketentuan Impor dan Ekspor Hewan dan Produk Hewan serta Peraturan Menteri Pertanian Nomor 50 Tahun 2011 tentang Rekomendasi Persetujuan Pemasukan Karkas, Daging, Jeroan, dan/atau Olahannya ke Dalam Wilayah Negara Republik Indonesia.

Suswono mengklaim pihaknya sudah responsif atas permohonan rekomendasi persetujuan pemasukan. "Selama persyaratan sudah dilengkapi, Kementerian Pertanian tidak akan lama-lama mengeluarkan rekomendasi. Kalau persyaratan sudah lengkap, saya yakin dalam sehari juga keluar," kata Suswono.

Dalam rapat yang digelar di Base Ops TNI Angkatan Udara, Halim, Jakarta, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono marah karena kebijakan harga daging sudah lama dibahas, tapi belum terjadi perbaikan. Kementerian Perdagangan melaporkan rata-rata harga daging sapi nasional per Jumat, 12 Juli 2013, adalah Rp 93.618 per kilogram. Pada 9 Juli 2013, rata-rata harga daging sapi nasional bahkan mencapai Rp 95 ribu per kilogram.

Suswono mengatakan, dalam rapat dengan Presiden, pihak-pihak terkait diminta segera merealisasikan kebijakan-kebijakan yang telah diputuskan. Misalnya impor daging oleh Perum Bulog dan memanfaatkan stok sapi bakalan yang tersedia di dalam negeri saat ini.

SUMBER


Waduh pak jangan marah2 aja ngetwit dul pak!
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive