SITUS BERITA TERBARU

[PIC] Anarkhi Warga Masyarakat Kebablasan, Jalan TOL Jakarta-Cikampek di Blokir Warga

Friday, July 12, 2013
[imagetag]
[imagetag]
[imagetag]
[imagetag]
[imagetag]
[imagetag]
[imagetag]

Tol Cikampek diblokir, jalur Bandung-Jakarta macet 10 km
Kamis, 11 Juli 2013 12:03:31

Sekitar 300 warga memblokir ruas Tol Cikampek di Kilometer 44. Pemblokiran dilakukan di kedua ruas jalan. Kemacetan tidak terelakkan lagi. Kendaraan dari Bandung menuju arah Jakarta macet hingga 10 kilometer. Begitu juga arah sebaliknya macet dari Cikunir.

Wadirlantas Polda Jabar AKBP Prahoro Tri Wahyono mengatakan, dengan adanya pemblokiran jalan pihaknya melakukan pengalihan arus agar tidak berhenti total. "Untuk jalur B dari Bandung menuju Jakarta, macet hingga 10 kilometer dan saat ini kita melakukan 'pending' di kilometer 44 menuju arah Klari dan lanjut Karawang Timur, keluar arteri nanti keluar Karawang Barat," katanya kepada wartawan di Mapolda Jabar, Bandung, Kamis (11/7).

Untuk jalur A, atau arah Jakarta menuju Bandung, pihaknya melakukan pengalihan arus. Kendaraan yang melintas dibelokkan ke Cikarang Barat dan Cikarang Timur. "Selanjutnya masuk jalur arteri yaitu masuk Karawang, lanjut selatan keluar di Tanjung Pura. Nanti ke pintu tol Karawang Barat," jelasnya. Dia mengaku untuk ekor kendaraan di jalur B mencapai pintu Tol Cikunir. Saat ini massa masih melakukan pemblokiran, meski upaya negosiasi sudah dilakukan. Kapolda Jabar Irjen Pol Suhardi Alius langsung memantau ke lokasi.
http://www.merdeka.com/peristiwa/tol...cet-10-km.html

Tol diblokir, macet sepanjang 40 KM sampai Jatiwaringin
Kamis, 11 Juli 2013 11:26:27

Pemblokiran ruas tol Jakarta-Cikampek dan sebaliknya mengakibatkan kemacetan panjang di kedua jalur. Kendaraan menuju Cikampek mengular dari lokasi pemblokiran di KM 44 hingga Jatiwaringin atau KM 4. Artinya kemacetan sudah sepanjang 40 kilometer. Kendaraan mengular sangat panjang nyaris tak bergerak hingga kawasan Jatiwaringin. Pantauan merdeka.com, Kamis (11/7) pukul 11.00 WIB, kendaraan juga sudah melambat dari arah Halim atau KM 02. Sebaliknya menuju arah Jakarta, arus lancar sejak Cibitung. Hal ini wajar karena banyak kendaraan arah Jakarta tertahan di KM 44.

Sementara itu macetnya arus lalu lintas menuju Cikampek berpengaruh pada angkutan bus rute Bekasi-Jakarta. Banyak bus rute Bekasi-Jakarta yang tertahan di perjalanan ke Bekasi. Ini membuat penumpukan penumpang di Bekasi. Seperti diberitakan, polisi saat ini tengah melakukan negosiasi terhadap demonstran yang melakukan pemblokiran di Jalan Tol Cikampek tepatnya di Km 44. Demonstran itu kebanyakan petani. "Yang memblokir adalah penduduk sekitar, petani yang punya masalah lahan dengan pengembang lahan di daerah situ, bukan masalah dengan jalan tol," kata Kepala Komunikasi Jasa Marga Wasta Gunadi kepada merdeka.com, Kamis (11/7).

Menurutnya, massa nekat memblokir tol karena selama ini tuntutan mereka dengan pengembang tidak ditanggapi. "Ada sekitar 300 orang yang memblokir. Mereka membakar ban di jalan tol," ujarnya.
http://www.merdeka.com/peristiwa/tol...iwaringin.html

Tol Cikampek KM 44 Diblokir Demonstran, Macet Mengular
11/07/2013 09:58

Liputan6.com, Meski di bulan puasa, tak menyurutkan warga melakukan aksi unjuk rasa. Bahkan pagi ini, puluhan orang menggelar unjuk rasa dengan menutup ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek. Akibatnya, kemacetan mengular. "Lokasi demo berada di KM 44 arah Jakarta ke Cikampek. Titik pemblokiran berada di Karawang Barat," kata petugas Traffic Management Center Polda Metro Jaya, Aiptu Dedy dalam perbincangan dengan Liputan6.com, Kamis (11/7/2013).

Menurut Dedy, massa yang menggelar unjuk rasa berasal dari warga sekitar, bukan massa buruh. Saat ini pengamanan sudah dilakukan oleh Polres Karawang. "Demo dimulai sekitar pukul 08.30 WIB," ujar Dedy. Dalam foto-foto yang beredar di situs jejaring Twitter, para demonstran menggelar unjuk rasa sambil membakar ban di tengah jalan. Massa juga membentangkan spanduk bertuliskan "Hentikan Kriminalisasi". Akibat pemblokiran ini, lalu lintas dari arah Jakarta mengular panjang. Para pengendara diimbau keluar sebelum pintol Tol Karawang, seperti di Cibitung.
http://news.liputan6.com/read/636101...macet-mengular

Konflik Tanah, Jalan Tol Cikampek Diblokir
Thursday, 11 July 2013 14:01

Jalan Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 44 diblokir warga setempat terkait kasus konflik tanah dengan pihak swasta (ANTARA/ M. Ali Khumaini)
Karawang, GATRAnews - Gara-gara konflik tanah antara warga Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, dengan sebuah perusahaan besar, Jalan Tol Jakarta Cikampek Kilometer 44, di Telukjambe Barat, Karawang, Kamis (11/7), diblokir.

Menurut Koswara, salah seorang pengunjuk rasa, masyarakat terpaksa melakukan pemblokiran jalan Tol Jakarta-Cikampek, karena kecewa atas konflik lahan dengan perusahaan yang tidak kunjung selesai. Padahal, katanya, keinginan petani itu sederhana, agar lahan milik mereka seluas sekitar 350 hektare disertifikasi.

Yono Kurniawan, kuasa hukum masyarakat, mengatakan, pada awalnya perusahaan yang berkonflik dengan masyarakat terkait dengan kepemilikan tanah, adalah PT Sumber Air Mas Pratama (SAMP).

Namun di tengah konflik antara PT SAMP dengan warga, muncul PT Agung Podomoro Land yang mengakusisi lahan PT SAMP itu. Padahal sudah jelas PT SAMP tengah berkonflik dengan masyarakat dalam hal tanah. "Masyarakat tidak senang tanahnya dikuasai pemilik modal, karena mereka sudah memiliki lahan itu sejak 22 tahun lalu. Mereka juga tertib membayar PBB," kata Yono.

Sementara itu, akibat aksi pemblokiran jalan, kemacetan parah terjadi di sepanjang jalan Tol Jakarta-Cikampek, baik dari arah Jakarta menuju Cikampek maupun sebaliknya. Aparat Kepolisian Resort Karawang sempat membubarkan pengunjukrasa dengan menggunakan semprotan air (water canon), tetapi mereka tidak juga bubar dan terus melakukan aksi perlawanan dengan melakukan pelemparan batu. Setelah gagal dibubarkan polisi, warga tetap berada di tengah jalan tol Jakarta-Cikampek tersebut.
http://www.gatra.com/nusantara-1/jaw...-diblokir.html

Polda pastikan jalan tol yang diblokir sudah dibuka
Kamis, 11 Juli 2013 � 13:19 WIB

[imagetag]

Sindonews.com - Setelah sempat membuat macet hingga tol Cipularang, pemblokiran Jalan Tol Jakarta-Cikampek di KM 42-44 kini sudah dibuka. Ribuan warga yang sebelumnya berada ditengah jalan tol, kini sudah menyingkir untuk melakukan mediasi. Menurut Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Martinus Sitompul, saat ini petugas kepolisian suda berhasil membuka blokade jalan tol yang dilakukan warga. "Keadaan sudah cair. Massa sudah bisa dipinggirkan," terangnya kepada wartawan di Mapolda Jabar, Kamis (11/7/2013).

Martinus memastikan, kondisi penutupas jalan sudah normal sejak pukul 11.40 WIB. "Sekarang arus (lalu lintas) sudah lancar. Dan pemblokiran sudah dibuka," jelasnya. Saat ini, massa tengah menjalani mediasi dengan pihak terkait dengan pengawasan langsung Kapolda Jabar Irjen Pol Suhardi Alius.
http://metro.sindonews.com/read/2013...r-sudah-dibuka

------------------------------

Kejadian jalan umum di blokir seperti di Makassar, sudah sering terjadi. Dan kalau di wilayah Jawa kejadiannya yang sering itu di daerah Pantura. Mahasiswa di Makassar atau di Jawa yang kampusnya ada di daerah Pantura, kerap kali melakukan aksi anarkhi menutup jalan umum seperti itu, dengan alasan demo. Dulu sebelum jalan alternatif di wilayah pantura Porong Sidoarjo, juga sering ditutup warga yang demo Lapindo. Sudah saatnya polisi menindak tegas dan mengajukan ke pengadilan tokoh-tokoh pelaku demo seperti itu, seperti korlap dan penanggung jawabnya ke pegadilan dengan tuduhan mengganggu ketertiban umum dan merugikan masyarakat
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive