SITUS BERITA TERBARU

Jokowi: 2014, Warga Ciliwung Bisa Huni Rusunawa

Monday, July 22, 2013
Quote:Jokowi: 2014, Warga Ciliwung Bisa Huni Rusunawa


[imagetag]

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjanjikan warga di bantaran kali Ciliwung akan mendapat rumah susun sewa paling lambat akhir tahun 2014. Alasannya, akhir tahun ini akan dilaksanakan pembangunan rusunawa di atas Pasar Minggu dan Pasar Rumput, Jakarta Selatan.

"Pembangunan dua rusun ini menggunakan dana Kementerian Perumahan Rakyat," kata Jokowi, sapaan akrabnya, di Balai Kota, Senin, 22 Juli 2013. Rusun yang dalam perkiraan Jokowi sewanya antara Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu ini diperuntukan bagi warga Ciliwung karena akan ada normalisasi kali.

Jokowi mengatakan, hingga saat ini lahan yang sudah siap adalah di Pasar Minggu. Sedangkan di Pasar Rumput masih dalam proses negosiasi dengan para pedagang. Pemerintah memang tidak perlu melakukan pembebasan, karena lahan yang masing-masing luasnya dua hektar tersebut aset DKI.

Menurut Jokowi, pembangunan rusunawa di atas pasar tidak akan menggusur pedagang. Justru mereka akan ditata di lantai paling bawah dari bangunan setinggi 26 lantai tersebut. Sehingga, pedagang tidak perlu khawatir.

Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz mengatakan, anggaran untuk kedua rusunawa yang masing-masing tiga tower tersebut sekitar Rp 1,9 triliun. Konsepnya, Djan melanjutkan, lantai paling bawah untuk pasar, kemudian di atasnya fasilitas umum dan sosial, seperti Puskesmas baru rusun.

Bedanya, Rusun Pasar Minggu akan dilengkapi terminal di bagian paling bawahnya. Hal ini sekaligus dilakukan untuk mengurangi arus lalu lintas angkutan umum di sekitar kawasan ini. Kedua rusun ini masing-masing terdiri dari 3.600 unit hunian.

SUMBER....


Lebih baik di pindahin aja dari pada nempatin daerah yang rawan banjir!!!!!!

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive