SITUS BERITA TERBARU

Astra Motor Center Semarang Terbesar di Indonesia

Saturday, July 20, 2013
[imagetag]

Semarang - Di mana showroom motor Honda terbesar di Indonesia? Jawabannya bukan di Jakarta, melainkan Semarang. Diperkirakan, dalam sehari showroom ini bisa melayani perbaikan untuk sekitar 230 sepeda motor atau sebanyak 5.800 unit per bulan.

Showroom yang dikelola oleh Astra Motor Center (AMC) Semarang, Jawa Tengah itu diresmikan PT Astra International Tbk-Honda Sales Operation (PT AI-HSO) dan dibangun dengan investasi sekitar Rp 175 miliar.

AMC ini dibangun di atas lahan seluas 6.700 meter persegi di Jl Gajah Mada, Semarang.

Outlet itu memiliki luas bangunan 9.400 meter persegi yang terdiri dari bangunan untuk showroom dan workshop seluas 2.300 meter persegi, kantor 3.100 meter persegi, dan fasilitas penunjang (seperti parkir) seluas 4.000 meter persegi.

Showroom terpadu AMC ini, selain melayani penjualan sepeda motor, juga terdapat bengkel untuk melayani perawatan dan pemeliharaan sepeda motor dan penjualan suku cadang.

Selain itu, terdapat juga tempat pelatihan untuk tenaga pemasar di jaringan Astra Motor se-Jateng. AMC juga menjadi kantor pusat ritel bagi 961 jaringan atau sales office Astra Motor yang tersebar di empat karesidenan (Karesidenan Semarang, Solo, Pekalongan dan Pati) di 22 kabupaten di Jateng.

"Di outlet ini, kami juga memiliki showroom dengan pembagian tipe motor, baik motor sport, matik, atau bebek. Kami juga memiliki showroom untuk sepeda motor CBU dan motor balap sebagai bagian dari Astra Motor Racing Team. Warga Jateng yang ingin menjadi pembalap bisa bergabung di sini. Selain showroom, juga ada ruang tunggu VIP lounge yang dilengkapi fasilitas internet koneksi Wi-Fi, dan kafe. Sehingga konsumen tidak jemu ketika menunggu motornya diservis," ujar Region Head PT AI-HSO Semarang Darmawan Tjondrodihardjo dalam siaran pers, Kamis (17/7/2013).

Khusus untuk perawatan atau bengkel, showroom terpadu ini memiliki 29 pit, yang merupakan pit terbanyak di Indonesia. Diperkirakan, dalam sehari bisa melayani perbaikan untuk sekitar 230 sepeda motor atau sebanyak 5.800 unit per bulan.

Chief Executive PT AI-HSO Sigit Kumala menyatakan dari 11 Main Dealer Honda yang dimiliki oleh PT Astra International Tbk � Honda Sales Operation, Astra Motor Semarang merupakan salah satu kontributor utama terhadap total penjualan Astra Motor.

"Karena itu, wilayah Jateng ini sangat istimewa," ujarnya.

Dia menjelaskan, 11 area Main Dealer Astra Motor itu tersebar di Sumatera Selatan, Bengkulu, Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Bali, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan-Barat-Tenggara, dan Papua.

Menurut Sigit, dilihat dari penjualan sepeda motor di Jateng, terjadi pertumbuhan yang signifikan.

Jika dilihat dalam satu dekade terakhir, yakni sejak tahun 2000 hingga 2012, terjadi pertumbuhan 12 persen tiap tahunnya. Pada tahun 2000, total penjualan sepeda motor di Jateng sebanyak 165.000 unit, lalu pada 2012, penjualan melambung hingga mencapai 650.000 unit.

Namun, jika dilihat dalam lima tahun terakhir, sejak 2009 hingga 2012, pertumbuhan penjualan sepeda motor di Jateng mencapai 20%.

"Melihat kondisi pasar di Jateng, kami memperkirakan total pasar akan terus bertumbuh. Penambahannya bisa 10 sampai 12 persen," kata Sigit.

Dari total penjualan sepeda motor di Jateng selama satu dekade itu, Honda terus menguasai pangsa pasar hingga 2012. Honda menguasai Jateng dengan pangsa pasar di atas 60%, jauh meninggalkan para pesaingnya.

"Sejak 2009 hingga 2012 itu, pertumbuhan Honda mencapai 69%. Sekarang, perbedaan-nya dengan pesaing terdekat mencapai 29 persen. Dan khusus tahun 2012 lalu, dari total penjualan sepeda motor di Jateng sebanyak 650.000 unit, Honda meraih penjualan 412.822 unit dengan pangsa pasar 64%," ujarnya.

Berdasarkan data AISI sejak Januari hingga Juni 2013, dengan total penjualan sepeda motor di Jateng sebesar 434.473 unit, Honda telah meraih penjualan 268.803 unit atau menguasai pangsa pasar sebesar 62%.

Sumber
detikoto
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive