SITUS BERITA TERBARU

Apple curigai bahan baku produknya adalah barang "haram" dari Indonesia

Saturday, July 13, 2013
[imagetag]
[imagetag]
[imagetag]

VIVAnews - Raksasa teknologi, Apple, melakukan investigasi atas tuduhan bahwa bahan baku timah yang digunakan untuk produk Apple, berasal dari tambang yang merusak lingkungan serta berdampak buruk bagi masyarakat.

Dilansir Techradar, Sabtu 13 Juli 2013, disebutkan bahwa timah yang digunakan Apple berasal dari Indonesia dan digunakan untuk berbagai produk Apple seperti iPhone dan iPad. Apple membentuk tim investigasi setelah aktivis lingkungan yang tergabung dalam Friends of the Earth berkampanye tentang perusakan lingkungan yang diakibatkan Apple.

Grup tersebut menjabarkan, pertambangan timah untuk mensuplai bahan baku produk Apple menghancurkan hutan tropis, membunuh koral dan memperburuk taraf hidup penduduk sekitar. Bahkan, pada 2011 satu orang penambang tewas karena lingkungan yang buruk.

Apple pun telah memperbaharui aturan "Supplier Responsibility" yang tercantum dalam laman resminya dengan melakukan pencarian fakta kunjungan langsung ke Pulau Bangka, Indonesia.

"Kami khawatir tentang pertambangan timah ilegal dan Apple akan mengunjungi langsung dan mencari fakta untuk mempelajarinya lebih lanjut," demikian pernyataan resmi di situs perusahaan Apple.

"Dengan menggunakan informasi yang kami kumpulkan, Apple menginisiasi kelompok kerja yang fokus untuk masalah ini, kami membantu mendanai sebuah studi baru tentang pertambangan di wilayah ini sehingga kami dapat lebih memahami situasinya."

Selain Apple, Friends of the Earth juga menuding Samsung mendapatkan timah dari sumber yang sama.

Ini bukan pertama kalinya Apple bermasalah dengan para pemasoknya. Sebelumnya, Foxconn, salah satu partner manufaktur Apple di China dituduh mempekerjakan anak-anak dengan upah rendah. Bahkan, satu orang pekerjanya dikabarkan bunuh diri karena stres. (kd)

http://teknologi.news.viva.co.id/new...bang-indonesia
===========================

apple aja gak mau bahan baku produknya berasal dari bahan yang cara pengambilannya dengan cara merusak lingkungan dan ilegal...
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive