SITUS BERITA TERBARU

[NegriKu] Kisah nenek renta urus cucu kembar yang ditelantarkan orang tua

Thursday, March 26, 2015
Kisah nenek renta urus cucu kembar yang ditelantarkan orang tua
Sumber 

Cerita hidup nenek Sati (80) begitu mengharukan. Di usia senjanya, dia harus menjaga dan mengasuh cucu kembarnya, Ojan dan Oji, yang ditelantarkan putra ketiganya Surya Kusuma sejak setahun lalu.

Meski 2 cucunya tak lagi bayi, tetap saja pekerjaan mengasuh bukan hal yang mudah. Tapi dia tetap semangat dan cerita bermain bersama si kembar di rumah kontrakannya yang berukuran 2x3 meter di Jalan Cipinang Muara 3, RT 1/ 8, Jatinegara, Jakarta Timur.

Badan yang sudah membungkuk tak membuatnya lantas hanya diam saja. Dia tetap meladeni ajakan bermain cucunya meski hanya bercengkrama di atas kasur lusuh miliknya.

Bila waktu tidur Ojan dan Oji tiba, dia selalu menemani di samping balita 16 bulan itu sambil mengelus dan memberikan susu botol.

"Cucu emak udah setahun tinggal sama emak. Bapaknya sama emaknya udah enggak mau ngurus, ngasih ke emak, biar emak yang ngurus," ujar Sati, saat ditemui merdeka.com, di kontrakannya di Jakarta Timur, Kamis (26/3).

Dia menceritakan awal mula Ojan dan Oji hidup bersamanya. Kata dia, orang tua sudah berpisah sejak mereka berusia 6 bulan. Mendapat tanggung jawab yang besar seperti ini, Sati mengaku tetap senang dan ikhlas menjalani hidup dalam kondisi ekonomi yang sangat memprihatinkan.

"Waktu umur masih 6 bulan, anak saya Surya, nitip anak kembarannya sama saya. Katanya dia mau kerja buat beli susu. Eh lama-lama, dia kecantol sama perempuan lain, anaknya jadi enggak diurusin lagi. Ya udah nenek aja yang ngurusin sampe gede segini," ucap Sati sambil mengelus kepala si kembar.

Kisah nenek renta urus cucu kembar yang ditelantarkan orang tua

Nenek Sati mengakui, tidak mudah mengurus balita dengan kondisi keuangan yang pas-pasan. Bahkan untuk membeli susu pun, Nek Sati mengaku tak sanggup dan meminta belas kasihan tetangga.

"Saya enggak punya duit buat beli susu, tapi ada aja tetangga yang ngirimin makanan atau susu buat cucu kembar saya. Kalau saya sih gak papa gak makan seharian asal cucu saya bisa sehat," ucapnya.

Lebih menyedihkan lagi, cerita Nek Sati, saat dirinya tak memegang duti sepeserpun dan tidak ada bantuan dari tetangga, terpaksa si kembar hanya diberikan teh manis.

"Yah kadang dikasih teh manis aja, kan nenek enggak ada pemasukan, kalau gak dikasih duit sama anak nenek. Tapi nenek tetap bersyukur aja," ujar nenek renta itu, sambil tersenyum.

Link: http://adf.ly/1BqOad
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive