SITUS BERITA TERBARU

Human Rights Watch Minta Jokowi Tuntaskan Isu HAM

Friday, August 29, 2014
Quote: Human Rights Watch Minta Jokowi Tuntaskan Isu HAM



Presiden terpilih Joko Widodo mendapat surat dari organisasi hak asasi manusia internasional. Dalam surat tersebut, Human Rights Watch mengatakan bahwa sebagai presiden yang baru, Jokowi harus memberikan fokusnya pada penanganan isu HAM di Indonesia.

Dikutip dari situs Human Rights Watch, 29 Agustus 2014, organisasi ini menuliskan secara spesifik isu-isu apa saja yang harus jadi perhatian Jokowi saat dia memimpin bangsa Indonesia nanti. Isu-isu tersebut di antaranya adalah kebebasan beragama, kebebasan menyatakan pendapat, hak perempuan, konflik di Papua, tenaga kerja Indonesia, korupsi dan hak atas tempat tinggal

Phelim Kine, Wakil Direktur bagian Asia dari Human Rights Watch mengatakan sebagai presiden terpilih, Jokowi harus menyelesaikan kasus-kasus HAM yang tiap tahunnya terus meningkat. Hal ini menjadi cerminan dari kegagalan pemerintah sebelum Jokowi gagal melindungi hak-hak warga negaranya sendiri.

Sebagai contoh adalah kasus di Papua, kegagalan pasukan keamanan Indonesia membedakan aksi kekerasan dengan aksi protes damai disana telah menyebabkan meningkatnya tensi ketegangan dan rasa ketidakamanan di provinsi itu. Human Rights Watch mendesak agar Jokowi nantinya akan melepas para tahanan politik disana dan memberikan akses bebas bagi wartawan asing dan organisasi HAM internasional untuk masuk ke Papua.

Menurut Phelim Kine, Indonesia memiliki semua syarat untuk bisa menjadi contoh sebuah demokrasi global yang bebas dan damai. Namun itu semua membutuhkan kontribusi nyata dari Jokowi untuk melindungi kaum minoritas, tenaga kerja Indonesia dan juga warga Papua.

Gimana nih menurut agan dan mbaknya?

SUMBER



Link: http://adf.ly/rZGxh
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive