SITUS BERITA TERBARU

Pembakaran Sampah Penyumbang Terbesar Polusi Udara

Sunday, August 31, 2014


Quote: Banyak orang yang tidak menyadari bahwa kebiasaan sederhana seperti membakar sampah di tempat terbuka tanpa pengawasan merupakan salah satu penyumbang tertinggi polusi udara. Padahal, lebih dari 40 persen pembakaran sampah di seluruh dunia memberikan kontribusi yang cukup besar pada perubahan iklim.

"Pembakaran sampah yang tidak terkendali adalah sumber utama polusi," kata peneliti dari Pusat Penelitian Atmosfer Nasional di Amerika Serikat (NCAP), seperti dilaporkan TIMES, Kamis, 28 Agustus 2014.

Selama pembakaran, partikel merkuri dan hidrokarbon aromatik polisiklik akan dilepaskan. Dalam kadar yang banyak, partikel ini dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti gangguan saraf, kanker, dan jantung.

Hal ini semakin memburuk karena pembakaran sampah di tempat terbuka di seluruh dunia semakin merajalela. Kebanyakan pelakunya justru warga di negara-negara berkembang yang tak acuh dengan efek pembakaran sampah.

Untuk memperkirakan emisi dari pembakaran sampah, peneliti dari NCAP melakukan perbandingan antara jumlah penduduk dan produksi sampah per kapita dengan perhitungan resmi pembuangan sampah yang berlaku di setiap negara di dunia. Dari situ, peneliti memperkirakan ada sekitar 1,1 miliar ton atau 41 persen dari total sampah di seluruh dunia yang dibakar dengan cara yang tidak tepat tiap tahunnya.

"Negara penghasil limbah terbanyak adalah Cina, Amerika Serikat, India, Jepang, Brasil, dan Jerman. Untuk penyumbang emisi terbanyak adalah Cina, India, Brasil, Meksiko, Pakistan, dan Turki," kata peneliti.


sumber: TEMPO

nah! tetanggaku tuh tiap pagi bakar sampah, sampai dimarahin sama pak RT kalau sampah jangan dibakar, dia tetep aja bakar sampah, belum lagi kemana2 pasti deh ada aja sampah yang dibakar, polusi



Link: http://adf.ly/rdGZy
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive