SITUS BERITA TERBARU

[SUMBER TEMPO]SBY Resmikan Museum Hakka

Sunday, August 31, 2014

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan Museum Hakka Indonesia yang berada di Taman Mini Indonesia Indah. Peresmian museum ini juga dihadiri sejumlah menteri.

"Atas nama negara, pemerintah, dan selaku pribadi, saya mengucapkan selamat atas dibangunnya Museum Hakka Indonesia," kata SBY dalam sambutannya, Jakarta, Sabtu, 30 Agustus 2014.

Menurut SBY, Museum Hakka yang megah dan indah memiliki nilai sejarah tinggi. Museum ini akan menjadi kebanggaan bagi rakyat Indonesia. "Bukan hanya kebanggaan komunitas Tionghoa," ujar Ketua Umum Partai Demokrat itu.

Museum ini, kata SBY, bercerita banyak tentang sejarah kontribusi Hakka terhadap Indonesia. Informasi itu akan diketahui pula oleh generasi mendatang. "Saya kira manajemen TMII juga senang karena tambah lengkap dan dikunjungi wisatawan mancanegara," kata SBY.

Dalam pidatonya, SBY juga mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Hakka Indonesia atas kontribusinya terhadap Tanah Air. "Kontribusi sebelum negara merdeka, kontribusi dalam proses pembangunan bangsa, dan keseluruhan perjalanan bangsa ini dalam upaya memajukan kehidupannya," ucap SBY.

Setelah pidato, SBY memukul gong sebanyak lima kali sebagai tanda diresmikannya Museum Hakka. SBY bersama istrinya, Kristiani Herawati, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, serta Ketua Hakka Indonesia Sugeng Prananto kemudian mengelilingi museum.

Museum Hakka dibangun di atas tanah seluas 45 ribu meter persegi dan menghabiskan biaya sekitar Rp 36 miliar. Museum ini terdiri atas tiga lantai. Lantai pertama ada perpustakaan, sedangkan lantai dua dan tiga berisikan peninggalan suku Hakka dan etnis Tionghoa di Indonesia.

http://www.tempo.co/read/news/2014/0...n-Museum-Hakka

mantap gan Pak SBY



Link: http://adf.ly/rcXkU
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive