SITUS BERITA TERBARU

Inilah Visi Misi Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta

Wednesday, May 21, 2014


JAKARTA, SATUHARAPAN.COM � Dua pasangan Bakal Calon Presiden Dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2014 telah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI) untuk menjadi peserta Pemilu Presiden 2014, yang akan diselenggarakan 9 Juli mendatang. Mereka adalah Ir. H. Joko Widodo yang berpasangan dengan Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla (Jokowi-JK), serta Prabowo Subianto nan berduet bersama M. Hatta Rajasa (Prabowo-Hatta).

Dalam proses pendaftaran yang telah dilaksanakan, kedua pasangan Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2014 turut menyerahkan dokumen visi dan misi nan akan diusung dalam Pemilu Presiden 2014, dokumen tersebut merupakan salah satu persyaratan yang diberikan KPU-RI.

Dokumen visi dan misi tersebut telah diunggah KPU-RI ke dalam situs kpu.go.id. Berikut visi dan misi yang akan diusung oleh kedua pasangan Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2014

Pasangan Jokowi-JK memiliki visi yaitu: Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

Selanjutnya, upaya untuk mewujudkan visi itu akan ditempuh melalui tujuh misi, yaitu pertama, mewujudkan keamanan nasional yang mampu menjaga kedaulatan wilayah, menopang kemandirian ekonomi dengan mengamankan sumber daya maritim, dan mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai negara kepulauan, kedua, mewujudkan masyarakat maju, berkeseimbangan dan demokratis berlandaskan negara hukum, dan ketiga, mewujudkan politik luar negeri bebas aktif dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim.

Untuk misi yang keempat, pasangan Jokowi-JK ingin mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju, dan sejahtera, kemudian nan kelima, mewujudkan bangsa yang berdaya saing, keenam mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat dan berbasiskan kepentingan nasional, dan terakhir, mewujudkan masyarakat yang berkepribadian dalam kebudayaan.

Pasangan pertama yang mendaftarkan diri ke KPU-RI sebagai Calon Presiden Dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2014 ini juga menyampaikan sembilan agenda prioritas, yakni pertama, menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, kedua, membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya, dan ketiga, membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Berikutnya nan keempat, menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya, kelima, meningkatkan kualitas hidup manusia indonesia, serta keenam, meningkatkan produktivitas rakyatdan daya saing di pasar internasional.

Tidak ketinggalan agenda ketujuh prioritas pasangan ini yaitu, mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sektor-sektor strategis ekonomi domestik, kedelapan, melakukan revolusi karakter bangsa, dan yang terakhir, memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia.

Pasangan Prabowo-Hatta yang mendaftarkan diri sebagai Calon Presiden Dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2014 pada hari terakhir jadwal yang telah ditetapkan KPU-RI, Selasa (20/5), juga menyampaikan dokumen visi dan misi kepada KPU-RI.

Dalam dokumen yang disampaikan, pasangan Prabowo-Hatta memiliki visi, membangun Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur serta bermartabat.

Untuk itu pasangan Prabowo-Hatta mengamban tiga misi, pertama, mewujudkan negara kesatuan republik indonesia yang aman dan stabil, sejahtera, demokratis, dan berdaulat, serta berperan aktif dalam menciptakan perdamaian dunia, serta konsisten melaksanakan pancasila dan UUD 1945, kedua, mewujudkan indonesia yang adil, makmur, berkerakyatan, dan mandiri, dan yang ketiga, mewujudkan indonesia yang berkeadilan sosial dengan sumber daya manusia yang berakhlak, berbudaya luhur, berkualitas tinggi: sehat, cerdas, kreatif, dan trampil.

Demi terealisasinya visi dan misi itu, pasangan Prabowo-Hatta bertekad bulat bersama rakyat melaksanakan delapan agenda dan program nyata untuk menyelamatkan indonesia, yang dijabarkan sebagai berikut, pertama, membangun perekonomian yang kuat, berdaulat, adil dan makmur, kedua, melaksanakan ekonomi kerakyatan, dan ketiga, membangun kembali kedaulatan pangan, energi, dan sumber daya alam.

Lalu yang keempat, meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan melaksanakan reformasi pendidikan, kelima, meningkatkan kualitas pembangunan sosial melalui program kesehatan, sosial, agama, budaya, dan olahraga, serta keenam, mempercepat pembanguan infrastruktur .

Tidak ketinggalan agenda dan program aksi nyata yang ketujuh, yaitu menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup, dan yang terakhir, membangun pemerintahan yang melindungi rakyat, bebas korupsi, dan efektif melayani.

Dokumen visi dan misi pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2014 dapat diunduh pada link ini:

1. Ir. H. Joko Widodo dan Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla
2. Prabowo Subianto dan M. Hatta Rajasa


Inilah Visi Misi Capres 2014
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive