SITUS BERITA TERBARU

Senin, Tekanan Terhadap Rupiah Menguat Lagi

Monday, January 27, 2014
Senin, Tekanan Terhadap Rupiah Menguat Lagi



Quote:Kurs rupiah diprediksi kembali melemah pada perdagangan besok. Pengamat Ekonomi, Universitas Indonesia, Lana Soelistianingsih, mengatakan kurs rupiah terhadap dolar AS, melemah bila dibandingkan nilai tukar pada penutupan di hari Jumat di level 12.181. Ia memperkirakan rupiah akan bertengger di kisaran Rp 12.100- Rp 12.200. "Saya rasa ada potensi melemah tapi masih bisa ditahan di level Rp 12.200," katanya pada Tempo di Jakarta, Ahad, 26 Januari 2014.

Menurut dia, pelemahan rupiah dipicu oleh sentimen negatif terhadap mata uang regional yang memburuk karena terdevalusinya mata uang Argentina, Peso. "Devaluasi Peso membuat semua mata uang regional memburuk. Ini membuat kekhawatiran terhadap semua mata uang lain di emerging markets. Tidak hanya Asia tapi juga Amerika Latin. Semua melemah," katanya.

Lana mengatakan pelemahan rupiah esok dipicu hanya oleh faktor eksternal. Faktor internal, kata dia, belum mempengaruhi karena dampak inflasi yang disebabkan oleh banjir yang terjadi dalam dua pekan terakhir baru akan terasa pada awal bulan depan. "Respon dari terjadinya inflasi belum terlihat. Nanti kalau sudah terasa dampak inflasinya bisa melemah lagi," katanya.

Pelemahan rupiah, kata dia, dalam sepekan ini sebenarnya bisa melemah lebih rendah dari Rp 12.200 tapi Bank Indonesia melakukan intervensi sehingga kisaran level terendah ditahan pada level tersebut. Pada awal bulan atau ketika dampak banjir sudah mulai terasa Lana memperkirakan nilai tukar rupiah bisa lebih rendah dari Rp 12.200,-.

Pada Jumat lalu, penguatan mata uang yen berhasil menahan pelemahan nilai tukar rupiah yang dipicu oleh data ekonomi Amerika yang bergerak negatif. Jumat lalu, di pasar mata uang nilai tukar rupiah ditutup melemah 16 poin atau 0,13 persen ke level 12.181.

SUMBER
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive