SITUS BERITA TERBARU

SBY Tanyakan Soal Harga Tenda Rp 15 M di Sinabung

Thursday, January 23, 2014
SBY Tanyakan Soal Harga Tenda Rp 15 M di Sinabung



Quote:Saat mengunjungi pengungsi letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Kamis, 23 Januari 2014, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menanyakan soal tenda tempatnya menginap di halaman Gereja Paroko, Kabanjahe, Sumatera Utara, yang dikabarkan seharga Rp 15 miliar.

"Saya diberi tahu Metro TV dan TV One, katanya mengangkat entah dari mana berita tenda untuk Presiden biayanya Rp 15 miliar," kata SBY kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Syamsul Maarif, seperti dikutip situs Setkab.go.id, Kamis.

Menjawab pertanyaan SBY, Syamsul membantah harga tenda Presiden mencapai Rp 15 miliar. Menurut Syamsul, harga tenda tersebut hanya Rp 60 juta.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran persnya membantah harga tenda SBY di Sinabung seharga Rp 15 miliar. Menurut Sutopo, harga tenda itu hanya Rp 60 juta.

Sutopo menuturkan tenda posko semacam itu antara lain pernah dipakai di tempat bencana di Way Ela Maluku, di Mentawai, gempa Aceh, serta banjir Jakarta. Tenda posko bersifat multifungsi. Di Way Ela, saat tanggap darurat banjir bandang, tenda digunakan untuk posko, sekolah darurat, dan pengungsi. Adapun di Aceh digunakan untuk pengungsi, musala, dan penampungan logistik.

Tenda serupa di Mentawai dipakai untuk aktivitas rehabilitasi dan rekonstruksi. Di Yogyakarta, tenda digunakan untuk gladi, sedangkan di Monumen Nasional Jakarta digunakan untuk logistik penanganan banjir.

SUMBER
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive