SITUS BERITA TERBARU

Ini Dia 9 Petisi Kelompok Cipayung

Thursday, January 16, 2014


Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus mendapat dukungan, masukan, hingga kritik dari berbagai elemen masyarakat.

Kali ini, kritik dan sekaligus pernyataan sikap (petisi) mengemuka dari kelompok cipayung yang notabenenya terdiri atas 9 organisasi kemahasiswaan dengan berbagai latar belakang.

"Ya, kami datang kesini sebagai bentuk kecintaan kami dalam mengawal sekaligus mengawasi prosesi pelaksanaan pemilu. Sehinggga partai politik manapun yang menang dan pemimpin yang lahir dari pemilu bisa memecahkan persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia," kata Arif Rosyid, Ketua Umum PB HMI, di kantor KPU, Jakarta, Kamis (16/1).

Kelompok Cipayung tersebut juga mendatangi kantor lembaga penyelenggara pemilu dan menyampaikan sekaligus membacakan 9 petisi secara bersama-sama.

Berikut 9 petisi tersebut :

1. Seluruh elemen nasional harus fokus dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab masing-masing sehingga segenap persoalan pemilu semisal DPT, Laporan dana kampanye, penegakan sanksi terhadap pelenggar pemilu, dan penyelenggaraan pemilu dapat berjalan sesuai jadwal dan bersih dari unsur KKN.

2. Menyerukan kepada seluruh peserta pemilu untuk mengedepankan politik moral dan kebangsaan, mengentukan praktek politik uang, berkomitmen atas janji politik.

3. Menuntut penyelenggaraa pemilu (KPU - Bawaslu) dan birokrasi serta TNI - Polri untuk bersikap netral dan menjaga integritasnya.

4. Menuntut partisipasi KPK, BPK dan PPATK dalam memantau sumber pendanaan, penggunaan dan laporan dana kampanye, baik caleg dan parpol.

5. Mendorong penyelenggara pemilu (KPU - Bawaslu) untuk melibatkan seluruh elemen mahasiswa dan mengawal pelaksanaan pemilu.

6. Menyerukan kepada segenap pemimpin bangsa dan para tokoh untuk mengawal pelaksanaan pemilu.

7. Menyerukan kepada seluruh rakyat dan mahasiswa untuk secara sadar dalam gunakan hak politik dan konstitusionalnya.

8. Cipayung plus dan beserta kader se - Indonesia berkomitmen untuk lakukan pendidikan pemilih, pengawasan dan pembentukan relawan pemantau, demi terciptanya pemilu yang demokratis dan berkualitas.

9. Cipayung plus menuntut kepada KPU - Bawaslu dan peserta pemilu untuk menandatangani fakta integritas, dengan harapan pemilu dapat berjalan dengan jujur, adil, dan berkualitas.

Demikian sembilan petisi yang dibacakan bersama oleh 9 elemen organisasi pergerakan mahasiswa.


sumber berita : link
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive