SITUS BERITA TERBARU

[bukan Aceh] Jawa Barat Juara 1 Pelanggaran Kebebasan Beragama

Friday, January 17, 2014

Quote:Original Posted By

JAKARTA - Jawa Barat menjadi provinsi dengan pelanggaran kebebasan umat beragama tertinggi dibanding wilayah lainnya. Setara Institute menemukan ada 80 kasus pelanggaran kebebasan beragama di provinsi yang dipimpin Ahmad Heryawan itu selama 2013.

"Jawa Barat menjadi tempat di mana terjadi pelanggaran kebebasan umat beragama tertinggi dengan 80 peristiwa. Disusul Jawa Timur, Jakarta, dan Jawa Tengah," kata Wakil Ketua Setara Institute, Bonar Tigor Naipospos, di Cikini, Jakarta, Kamis (16/1/2014).

Bonar menjelaskan, pelanggaran kebebasan umat beragama bisa dalam berbagai bentuk. Misalnya, pelarangan pembangunan rumah ibadah atau penyegelan gereja.

"Di Jawa Barat ada lima wilayah kabupaten/kota yang paling banyak memberikan konstribusi adalah Kota Bekasi dengan 16 peristiwa, kemudian Tasikmalaya, Bandung, dan Cianjur," paparnya.

Lebih lanjut Bonar mengungkapkan, tingginya pelanggaran kebebasan beragama di wilayah Jawa Barat karena kelompok intolerannya cukup tinggi.

"Ini berkolerasi dengan kelompok intoleran yang cukup eksis di kota tingkat II ini," terangnya.

Menurut Bonar, perlu pemimpin yang tegas untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut. "Pemerintah daerah harus mengambil langkah-langkah pemulihan dan penanganan komunitas korban pelanggaran umat beragama," jelasnya.

Penelitian pemantauan kondisi kebebasan umat beragama oleh Setara Institute dilakukan terhadap 10 provinsi di Indonesia dengan teknik penelitian pengumpulan data dari institusi-institusi keagamaan dan wawancara dengan tokoh dan otoritas negara. (trk)


sumber
pasti karena 1..4.
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive