SITUS BERITA TERBARU

Aher tak mau bangun waduk, Jokowi sumbang Rp 1,2 Trilyun Untuk bangun waduk di Jabar

Monday, January 20, 2014
TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur Jakarta Joko Widodo mengatakan, pemerintahannya akan membantu pembangunan Waduk Ciawi dan Waduk Sukamahi. Bahkan, dalam skema kerja sama Jawa Barat-DKI Jakarta-Banten, Ibu Kota menjadi suporter utama pembangunan proyek tersebut.

"Nanti akan disediakan hibah untuk membantu pembebasan lahan," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat, pada Senin, 20 Januari 2014. Total dana yang disediakan mencapai Rp 1,2 triliun dalam anggaran 2014.

Jokowi mengatakan akan berkonsultasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan. Sebab, mereka akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah di luar wilayah Jakarta. "Toh ini buat kepentingan rakyat yang sangat mendesak," ujarnya.

Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan pembangunan waduk akan dimulai pada awal 2015. Nilai proyek kedua waduk tersebut mencapai Rp 1,9 triliun. Waduk Ciawi dan Waduk Sukamahi Masa pembangunan diperkirakan mencapai dua-tiga tahun dan mulai beroperasi pada 2018.

Waduk ini mengalami perubahan desain, awalnya memiliki ketinggian 60 meter dengan daya tampung 39 juta kubik air. Namun, karena daya dukung tanah yang tidak begitu baik, Kementerian Pekerjaan Umum memperkirakan tinggi dan daya tampung waduk akan berkurang demi menyesuaikan daya dukung tanah.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan tidak mau berkomentar banyak. Dia hanya tersenyum ketika ditanya soal dukungan pemerintah setempat.

sumber ; http://www.tempo.co/read/news/2014/0...i-dan-Sukamahi

Inilah bukti nyata keseriusan Jokowi untuk mengatasi banjir di jakarta, jokowi tanpa segan2 mengelontorkan dana Rp 1,2 T untuk bangun waduk di wilayah jabar demi cegah banjir di jakarta

http://www.indonesiabergerak.com/

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive