SITUS BERITA TERBARU

6 Cara Ini Bisa Bantu Ibu Hamil Meredakan Morning Sickness Parah

Wednesday, January 29, 2014


Jakarta, Morning Sickness bisa jadi masalah 'langganan' ibu hamil terutama sepanjang trimester pertama masa kandungan. Mual, ingin muntah, pusing, bahkan lemas pun membuat para bumil tak bersemangat melakukan apa-apa.

Menurut dr Irfan Mulyana Mustofa SpOG, mual dan rasa ingin muntah pada wanita hamil diakibatkan dari peningkatan hormon Beta-HCG yang diproduksi corpus luteum kehamilan di mana puncaknya terjadi saat usia kehamilan 3 bulan. Secara bertahap rasa mual dan ingin muntah akan berkurang ketika masuk usia kehamilan 18 minggu. Sebab, mual sudah tidak ada lagi karena plasenta (ari-ari) sudah mengambil alih fungsi corpus luteum.

Nah, dikutip dari Boldsky, Rabu (29/1/2014) ini dia cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi morning sickness parah yang Anda rasakan:

1. Pintar pilih makanan
Obat lain yang ampuh melawan morning sickness adalah menghindari kafein, makanan pedas, dan berlemak. Sebaiknya, pilih makanan sehat yang cocok untuk Anda dalam porsi kecil. Hindari juga beberapa makanan yang aromanya tidak Anda suka. Pilih makanan kaya nutrisi dan jangan biarkan perut Anda kosong selama berjam-jam karena bisa membuat asam lambung meningkat dan membuat mual makin parah.

2. Terus bergerak
Morning sickness memang bisa membuat Anda lelah dan enggan beranjak dari tempat tidur sepanjang hari. Namun, bagaimanapun sedikit gerakan saja diperlukan sebab bergerak bisa membantu meredam gejala morning sickness.

3. Air putih dan air jahe
Jahe adalah obat alami yang bisa membantu melawan morning sickness. Jahe adalah penenang perut utama yang bisa meringankan mual. Anda bisa minum air jahe atau sekadar mencium aromanya saja. Selain air jahe, yang lebih penting yakni terus menjaga tubuh tetap terhidrasi. Jadi, minumlah sebanyak mungkin air putih agar Anda terhindar dari dehidrasi.

4. Banyak istirahat
Ketika mengandung idealnya memang Anda harus lebih banyak beristirahat terutama menyempatkan waktu untuk tidur siang. Buatlah posisi tidur senyaman mungkin misalnya menggunakan bantal sebagai pengganjal punggung dan leher. Jangan lupa hilangkan stres agar pola tidur tidak terganggu.

5. Bangun perlahan
Jangan biasakan bangun dari tempat tidur secara spontan selama hamil. Berikan tubuh cukup waktu untuk bergerak dan bangun sampai energi sudah terkumpul dan Anda pun memiliki tenaga untuk bangun. Pastikan tidak ada sentakan yang dirasakan bayi. Cara ini bisa membantu meredakan rasa mual yang disebabkan morning sickness parah.

6. Hindari komputer
Terkadang morning sickness bisa memburuk jika Anda menatap layar komputer. Jika memang Anda harus menggunakannya, coba kurangi efek pusing dan mual dari layar dengan memperbesar font dan membuat layar tetap sejajar dengan mata.

Ada lagi yang mau menambahkan gan?

sumber
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive