SITUS BERITA TERBARU

[UFO]Desain Kantor Baru Apple

Wednesday, October 16, 2013
[imagetag]

Quote:Apple berencana pindah ke kantor baru mereka di Cupertino pada tahun 2016 mendatang. Kantor ini dijuluki "kapal luar angkasa" karena desainnya seperti kapal luar angkasa UFO.
Demikian yang disampaikan CEO Apple Tim Cook pada pertemuan pemegang saham tahunan yang digelar kemarin. Pada pertemuan itu, Cook menjelaskan progress "proyek Campus 2", proyek pembangunan bangunan baru berbentuk melingkar yang akan menjadi markas baru Apple.

Markas besar Apple seluas 2,8 juta meter persegi ini berlokasi di Cupertino, California. Desainnya dirancang berbentuk lingkaran layaknya kapal luar angkasa. Area tersebut nantinya akan digunakan untuk kantor dan fasilitas penelitian seluas 300.000 meter persegi.

Selain itu area itu juga akan dilengkapi dengan auditorium berkapasitas 1.000 tempat duduk, fitness centre, tempat parkir, serta kawasan hijau.

Tim Cook juga menyatakan bahwa Apple sedang bernegosiasi lebih lanjut dengan pemerintah kota setempat untuk mendapatkan persetujuan proyek tersebut. "Kami berharap proses pemecahan tanah baru dapat selesai akhir tahun ini," ujar Cook.

Sebelumnya, proses pemecahan tanah baru dijadwalkan selesai pada tahun 2012, lalu pindah pada tahun 2015. Namun rupanya rencana itu meleset, kampus itu belum siap dipakai sampai pertengahan 2016 nanti.

Apple percaya dengan pembangunan markas baru tersebut, kinerja dan kenyamanan karyawan dapat meningkat. Apple juga berencana untuk menghasilkan listrik sendiri agar tidak bergantung pada sumber daya listrik lokal.

"Kami berencana untuk menghancurkan semua bangunan di tempat baru itu. Bangunan seluas 2,8 juta meter persegi ini akan menjadi lingkungan kerja yang paling kolaboratif," ujarnya lagi.

Menurut Cook, 80 persen tempat tersebut saat ini ditutupi aspal dan beton. Pada saat proyek selesai, Cook mengatakan jumlah itu akan berkurang menjadi 20 persen.

Pembangunan kampus baru ini diharapkan akan selesai pada tahun 2016, dan Cook berharap Apple bisa pindah setelah itu selesai. "Saya memprediksi kami akan pindah di tahun 2016," kata Cook, seperti dikutip dari Appleinsider, Kamis (28/2/2013)

Steve Jobs kabarnya turut campur tangan pada desain kampus baru Apple itu. Jobs mengungkap desain kantor tersebut pada pertemuan dewan kota di Cupertino pada bulan Juni 2011.

Menurut Cook, proyek pembangunan kantor itu sangat penting bagi Jobs. "Jobs ikut berkontribusi banyak dalam proyek ini sebelum ia meninggal, dan kami akan meneruskannya," tuturnya. (DEW) TKP


Quote:Apple berencana memperbarui markas besarnya di Cupertino, Calif. Markas baru Apple ini akan dipenuhi oleh 2.580 pohon di lingkungan sekitarnya.

Apple sudah mendiskusikan perencanaan proyek pengembangan kantor baru dengan dinas kota Cupertino. Dari pertemuan tersebut Apple sudah mendapat izin dari dinas kota setempat untuk membangun markas baru dengan konsep baru.

Rancangan markas baru Apple ini berasal dari ide Steve Jobs. Lebih tepatnya, pada pertengahan 2011, Jobs mendesain bangunan berbentuk lingkaran yang bisa mengakomodasi 6 ribu karyawan Apple, namun kini dikembangkan untuk menampung sebanyak 14 ribu karyawan.

Cetak biru perencanaan proyek menggambarkan kantor Apple yang baru akan dilengkapi dengan auditorium untuk peluncuran produk, empat lahan parkir, dan pusat kebugaran. Desain dari kantor berbentuk lingkaran ini dirancang oleh perusahaan arsitektur ternama asal Inggris, FosterPartners.

Markas baru Apple ini akan berdiri di lahan seluas 2,8 juta meter persegi dengan biaya yang diperkirakan mencapai Rp57,6 triliun. Meski dirancang dengan sangat megah, Apple tak mengesampingkan kondisi lingkungan sekitar. Rencananya bangunan berbentuk lingkaran tersebut akan "dikepung" oleh 2.580 pohon di sekitarnya.

Sebagaimana dilansir dari CNet, Kamis (3/10/2013), pembangunan akan berlangsung dalam dua tahap. Tahap pertama akan memamakan waktu selama 32 bulan, atau hampir tiga tahun. Dan tahap kedua akan dibangun setelahnya tanpa estimasi waktu yang dicantumkan. Dari pembangunan markas besar ini, dinas kota Cupertino akan menerima pajak sebesar Rp403 miliar. Itu hanya tahap pembangunan awal, ke depannya dinas kota Cupertino juga akan menerima pajak besar dari markas Apple setiap tahunnya.

Direktur Real Estate dan Fasilitas Apple Dan Whisenhunt, mengatakan bahwa seluruh karyawan Apple akan siap pindah ke markas baru pada 2016 mendatang. TKP


Sungguh fantastik sekali neh apple, saingannya bakal pindah juga nggak ya [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive