SITUS BERITA TERBARU

( Jokowi Harus Sadar ) Setahun Menjabat, Jokowi Diminta Kurangi Blusukan

Friday, October 18, 2013
[imagetag]

TEMPO.CO, Jakarta - Setahun mengemban amanat sebagai Gubernur DKI, Joko Widodo diminta mengurangi kebiasaannya blusukan. "Kalau terus terjadi, Gubernur lelah fisik dan tidak punya waktu cukup untuk elaborasi rencana kota," kata Igo Ilham, anggota DPRD DKI Komisi E, dalam rilis survei "Setahun Jokowi-Basuki dan Evaluasi Kinerja Menurut Publik Jakarta" oleh Indo Barometer, Kamis, 17 Oktober 2013. (Baca: Setahun Jokowi-Ahok, Survei: 97,5 % Publik Puas)

Menurut Igo, waktu dan energi Jokowi bisa habis untuk blusukan. Dia menyarankan Jokowi menularkan kebiasaan itu pada pejabat wilayah. "Seharusnya itu dilakukan pion-pion pemda, yaitu lurah, camat, dan suku dinas." Dengan demikian, Jokowi bisa fokus pada pembuatan kebijakan. "Gubernur undang pakar untuk selesaikan masalah."

Meski demikian, Igo mengakui aspek kepemimpinan Jokowi jadi kelebihan dalam pemerintahan pria asal Surakarta itu. "Dia bisa tunjukkan beda feodalisme dengan egaliter, memenuhi keinginan publik bahwa ada pemimpin tidak feodal."

Saran yang sama disampaikan Banu Astono, Redaktur Metropolitan Harian Kompas. "Energi dia harus disimpan," kata Banu, yang dalam kesempatan sama menganalisis hasil survei Indo Barometer. Banu menyebutkan, gara-gara kebiasaan blusukan Jokowi, terjadi jurang kontrol di level kelurahan hingga wali kota. "Masak untuk deal memindahkan orang (dari Waduk Pluit), dia sendiri yang harus makan bareng di warung. Energinya sayang."

Banu menilai keseimbangan harus datang dari dua arah. Bawahan Jokowi harus kuat membantu. Di sisi lain, "Jokowi harus beri sedikit kepercayaan untuk bergerak bersama." (Baca: Setahun Jokowi-Ahok, Pendidikan Banyak Masalah)

Sumber

Ane sependapat ame ini pengamat, Jokowi harus mengurangi blusukan dan lebih fokus mendorong agar jajaran dibawahnya untuk lebih aktif turun ke lapangan untuk menyelesaikan masalah karena kalau tidak pemerintahan Jokowi akan bermasalah jika Jokowi tidak ada di DKI lagi.

Ane lebih berfikir bahwa Jokowi ini kepemimpinannya seperti tokoh Superman artinya jika terjadi masalah di DKI, Jokowi dateng masalahnya bisa selesai dan jika Jokowi tidak dateng masalah tidak akan selesai dan
ane berharap para penastak yang deket dengan Jokowi untuk mengingatkan ke Jokowi akan hal ini....

Yang mau menyanggah pendapat ane silahkan.... [imagetag] [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive