SITUS BERITA TERBARU

Apindo: UMP Jakarta Disepakati Rp2,29 Juta

Tuesday, October 29, 2013

[imagetag]


JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyatakan bahwa kenaikkan Upah Minimum Propinsi (UMP) sudah dalam tahap persetujuan Bupati dan Gubernur. Ketua Umum Apindo Sofjan Wanandi mengatakan saat ini UMP yang sudah disepakati dan akan diputuskan sekira Rp2,29 juta.

"Sebagian wilayah sudah selesai, seperti Jakarta itu Rp2,29 juta. Tinggal menunggu putusan bupati dan gubernur," ucap Sofjan saat Konferensi Pers di Gedung Permata Kuningan, Jakarta, Selasa (29/10/2013).

Sofjan menambahkan, akibat demo buruh pada pertengahan tahun ini, banyak perusahaan yang meninggalkan Indonesia karena permasalahan buruh yang
selalu terjadi setiap tahunnya. Namun, tidak sedikit pula yang tetap bertahan di Indonesia dengan berbagai cara.

"Paling besar itu negara Korea, terutama di garmen, sepatu dan elektorik komponennya, Jepang banyak capital intensifnya banyak mengganti mesin. Ini saya katakan akan banyak keluar lagi, tapi kita menahan mereka supaya mereka tidak pindah, kalau dalam negeri pindah ke jawa tengah, ini kan memberikan suatu ketakutan," jelasnya.

Saat ini, lanjut Sofjan, upah merupakan hal yang tidak akan pernah menjadi solusi dalam mengatasi hidup layak di Indonesia. Akan tetapi, dalam memenuhi hidup layak perlu juga ditunjang seperti fasilitas umum yang berjalan dengan baik.

"Padahal bangsa kita itu perlu mencari kerja, kita harus sadar, upah itu tidak akan bisa menyelesaikan masalah, tapi harus dirundingkan kembali dengan pemerintah terkait transportasi murah, kesehatan murah, buruh itu melihat upah itu hidup mati, itu yang harus kita rubah, bukan karena inflasi, memang inflasi harus dijaga pemerintah," tutupnya.


sumber
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive