SITUS BERITA TERBARU

Suksesi pemilu 2014 dan harapan akan pemimpin yang baik.

Monday, September 2, 2013
Suksesi presiden tahun 2014 menjadi sangat penting ketika bangsa ini memasuki era baru. Indonesia terus menjalani proses konsolidasi demokrasi, yaitu membangun institusi demokrasi yang kokoh dan menyelesaikan sejumlah masalah dalam beragam bidang kehidupan.

pada era yang baru ini cita-cita negara Indonesia yang akan menjadi bangsa yang kuat dan di pandang duna Internasional diharapkan dapat terlaksana.

Pascareformasi, Indonesia selalu dirundung masalah. Politik tak melahirkan perilaku dan etika yang bermartabat, tetapi politik transaksional dan praktik oligarkis sangat menonjol. Hukum tidak hanya sulit ditegakkan, tetapi justru diselewengkan, termasuk oleh penegak hukum. Korupsi yang menjadi agenda reformasi justru berkembang makin masif di sejumlah kalangan, termasuk penyelenggara negara.

Negara dengan demokrasi matang ditandai dengan telah terjadinya dua kali pergantian kekuasaan melalui pemilu yang jujur dan adil. Negara demokrasi matang juga akan dilihat dari beberapa indikator, antara lain adanya politik yang kompetitif, pemilu yang reguler dilaksanakan, partisipasi politik yang luas, pembatasan kekuasaan eksekutif, adanya kebebasan berbicara dan penghormatan atas kebebasan sipil, termasuk penghormatan hak minoritas.

Setiap orang berhak untuk ingin menjadi presiden dan merasa bisa memimpin Indonesia. Namun, mereka harus menjawab tantangan kian kompleks yang dihadapi Indonesia. Harapan baru harus diberikan agar partisipasi politik akar rumput kembali bergairah.

Sumber: http://monikamaniezz.wordpress.com/2...pin-yang-baik/
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive