SITUS BERITA TERBARU

[asyik]Jokowi Akan Percantik Trotoar Jakarta

Sunday, September 29, 2013
[imagetag]


NI GAN KATA JOKOWI[imagetag]

[imagetag]

Quote:TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo miris dengan kondisi trotoar di Ibu Kota. Menurut dia, trotoar yang ada saat ini tidak manusiawi alias belum memberikan rasa aman dan nyaman untuk pejalan kaki.

"Makanya trotoar akan dipercantik mulai tahun ini sampai tahun depan," kata Jokowi, sapaan akrab Gubernur, ketika blusukan ke trotoar di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, pada Sabtu, 28 September 2013. Untuk tahun ini, trotoar di ruas jalan tersebut yang diutamakan.

Trotoar Jalan Gatot Subroto akan dijadikan percontohan pembenahan. Saat ini, panjang trotoar di Ibu Kota secara keseluruhan 900 kilometer. Padahal, ruas jalannya ada 7.200 kilometer. Artinya masih ada jalan yang tidak punya trotoar.

Jokowi menjelaskan trotoar yang ada di Jalan Gatot Subroto akan dilebarkan menjadi 8 meter. Saat ini hanya sekitar 3 meter. Selain itu, trotoar ini akan 'ditutup' agar tidak diserobot pengendara sepeda motor. Di sepanjang jalurnya akan ditanam pohon sebagai pengganti kanopi.

Bahkan, trotoar ini akan dilengkapi jalur khusus bagi penyandang tunanetra.Terbuat dari paving block warna kuning, bergerigi, jalur ini, lanjut Jokowi, memudahkan penyandang tunanetra berjalan. Agar menarik, trotoar akan diberi cat warna-warni.

Khusus penataan trotoar, termasuk yang ada di Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan M.H. Thamrin, Jokowi mengaku ada sedikit ganjalan, yaitu gedung-gedung yang ada di kawasan tersebut. "Pagarnya harus dirobohkan karena menghambat pelebaran," ujarnya.

Menurut mantan wali kota Solo ini, pemilik bangunan akan diajak rembugan untuk menghilangkan pagar yang ada di sana. Tujuannya, agar trotoar lebih lapang dan luas ideal, 8 meter, bisa dicapai
sumber


kita pastinya akan lebih nyaman dengan adanya trotoar yang lebih baik[imagetag]

[imagetag]
bantu[imagetag][imagetag] indahnya berbagi[imagetag] [imagetag] [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive