SITUS BERITA TERBARU

SW : Said Iqbal tu Punya Serikat Pekerja Kecil, Cuma Omongnya Doank Gede

Monday, September 30, 2013
Quote:Buruh Ancam Mogok Kerja 3 Hari,
Sofjan Wanandi Cuek
[imagetag]


Jakarta - Ancaman aksi mogok kerja oleh serikat pekerja ditanggapi santai oleh pengusaha Sofjan Wanandi. Menurut Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) ini, ancaman mogok kerja buruh selama ini tak pernah kesampaian.

Sofjan mengatakan sejatinya serikat pekerja terbagi dari berbagai kelompok besar. Sofjan menegaskan serikat pekerja pimpinan Said Iqbal, yaitu Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) hanya sebagian kecil dan lebih banyak pada perusahaan sektor otomotif dan elektronika.

Menurutnya para buruh yang bekerja di perusahaan-perusahaan Apindo tak mau ikut-ikutan soal aksi mogok.

"Kalau dia mau mogok, kita nggak bisa apa-apa. Nggak banyak Said Iqbal punya buruh. Mereka paling banyak mobil dan elektronika. Kita sudah tanya ke buruh kita, selama ini juga rencana mogok nggak ada yang jadi, silahkan saja mogok produksi, tapi siapa yang mau bayar buruh nanti," ujar Sofjan Wanandi dengan santai kepada detikFinance, Senin (30/9/2013)

Menurut Sofjan, kenyataanya saat ini Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K-SPSI) di bawah Andi Nuwawea sudah tak bergabung lagi dengan kelompok Said Iqbal atau KSPI. Sehingga ia memastikan kelompok Said Iqbal hanya sebagian kecil dari serikat buruh.

"Dia punya serikat kerja kecil, cuma ngomongnya doang gede," ucap Sofjan.

Kalangan buruh di bawah KSPI kembali berencana menggelar aksi mogok kerja nasional selama 3 hari berturut-turut pada akhir Oktober 2013. Tujuannya agar aspirasi mereka didengar oleh pemerintah.

Buruh meminta kenaikan upah minimum provinsi (UMP) 50% di tahun 2014. Konsekuensi kenaikan UMP 50%, makan komponen kebutuhan hidup layak (KHL) dalam UMP bakal bertambah dari 60 item menjadi 84 item.

sumber


hoalaahh kecil-kecil kok kayak udah 'mewakili' smua buruh di indonesia ya? [imagetag]
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive