SITUS BERITA TERBARU

Pengemis minta Gaji Rp 10 Juta pada Walikota Bandung

Monday, September 30, 2013
andung - Sekelompok pengemis dan anak jalanan yang sempat melakukan aksi demonstrasi ke kantor DPRD Kota Bandung, Jalan Aceh juga mendatangi kantor Wali Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (30/9/2013). Mereka menuntut gaji dengan nominal jutaan rupiah, apabila Pemkot Bandung mempekerjakan mereka sebagai tukang bebersih.

Di depan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, salah seorang orator dari Gerakan Masyarakat Djalanan (GMD), Priston, menyampaikan aspirasi para pengemis yang menuntut pekerjaan dari Pemkot Bandung.

"Mereka ingin pemerintah memberikan pekerjaan agar tidak kembali ke jalan" ujar Priston dalam orasinya.

Emil sapaan akrabnya, yang berhadapan langsung dengan mereka langsung menyampaikan tanggapannya.

"Tidak ada manusia yang tidak ingin bahagia. Saya punya anak kecil, saya juga sedih harusnya mereka belajar tapi karena kebutuhan ekonomi malah keluyuran di jalan," ucapnya.

Ia pun kemudian menawarkan solusi kepada para pengemis tersebut. "Kalau saya kasih pekerjaan ibu-ibu mau tidak? Kalau saya gaji per hari ibu-ibu mau janji tidak akan kembali ke jalan? Karena tidak ada yang lebih bermartabat daripada bekerja," tanya Emil.

Sekelompok pengemis yang mayoritas ibu-ibu tersebut pun dengan kompak menjawab "Mau!," seru mereka.

Emil kemudian melontarkan rencananya yang akan mempekerjakan mereka untuk menjadi petugas bebersih Bandung yang tugasnya menyapu jalanan di Kota Bandung.

"Kota Bandung butuh banyak petugas kebersihan, saya menawarkan itu kepada ibu-ibu. Karena saya ingin cara yang baru untuk menuntaskana masalah. Kita bisa dapat uang dengan halal dan cara-cara baik," kata Emil.

Namun rupanya sebagian pengemis tersebut menunjukan ketidaksukaan atas rencana Emil tersebut. Sebagian mengeluh karena tidak mau menjadi tukang sapu.

"Kalau mau dipekerjakan seperti itu, apakah bapak siap menggaji sesuai dengan kebutuhan mereka? Apakah bapak bisa menggaji mereka Rp 4 juta sampai Rp 10 juta. Kalau hanya gaji 700 ribu apakah cukup?" kata Priston.

Emil pun secara tegas meminta kepada pengemis untuk mau mengikuti ketentuan dari Pemkot Bandung. Jika tidak, penertiban akan terus dilakukan.

"Pekerjaan sudah kita siapkan. Kalau ingin semua difasilitasi ya tidak mungkin. Ini pelajaran untuk memotivasi mereka agar dapat uang dengan bekerja. Masalah kecil besarnya uang yang didapat, itu relatif," tegasnya.

Akhirnya massa pun bubar tanpa ada kesepakatan yang jelas. Namun Emil tetap meminta data mereka.

(sumber)

[imagetag]
Kenapa minta 10 juta?
Mungkin karena penghasilan mereka lebih besar:

Dari jam 07.00-17.00.
Lampu merah atau hijau waktunya 60 detik.
Setiap 60 detik paling nggak saya bisa dapet 2.000.
1 jam = 60 kali lampu merah/ Hijau 60 x 2.000 = 120.000 /jam
1 hari kerja 10 jam, 1 jam buat istirahat jadi 9 jam.
9 jam x 120.000 = 1.080.000/hari.
1 bulan kerja 26 hari. 26 hari x 1.080.000 = 28.080.000/bulan.

Begitukah gan?
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive