SITUS BERITA TERBARU

sebuah pemikiran: bisakah Indonesia memproduksi sendiri Energi dalam negeri?

Tuesday, July 2, 2013
Liputan6.com, Jakarta : Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menerima kunjungan Menteri Perdagangan Luar Negeri Prancis Nicole Bricq bersama 30 pengusaha.

Menurut Jero, pertemuan tersebut merupaka bentuk promosi. Pasalnya Indonesia masih kekurangan energi terutama di sektor kelistrikan dan pertambangan mineral.

"Kami akan membahas dengan 30 perusahaan Prancis soal peluang kerja sama yang lebih nyata demi kemajuan Indonesia dan Prancis. Ada beberapa perusahaan Prancis di bidang energi dan mineral di Indonesia, misalnya Total, kemudian pertambangangan, Eramet yang akan membuat smelter besar di Halmera," kata Jero di Jakarta, Rabu (5/6/2013).

Dalam pertemuannya dengan 30 perusahaan Prancis tersebut, Jero akan menyampaikan bagaimana Indonesia serius memacu pengembangan energi baru terbarukan (EBT) antara lain tenaga panas bumi, tenaga surya, tenaga air, biomassa serta tenaga angin.

Menurut Jero, kedatangan Menteri Perdagangan Luar Negeri tersebut merupakan kunjungan balasan. Sekitar setahun lalu Jero pernah bertemu dengan Nicole di Prancis.

"Pada waktu itu saya minta kepada Ibu Menteri untuk mengajak pengusaha Perancis ikut berpartisipasi dalam mengembangkan energi baru terbarukan," pungkasnya. (Pew/Ndw)
Sumber

apakah Indonesia akan terus bergantung pada Asing untuk mengelola dan memproduksi energi dalam negeri? lagi-lagi timbul sebuah pemikiran
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive