SITUS BERITA TERBARU

Walhi: Pemda DKI Jakarta Seharusnya Tak Salahkan Hujan atas Bencana Banjir

Saturday, January 18, 2014

Jakarta - LSM penggiat lingkungan, Walhi, mengkritik Pemprov DKI Jakarta yang menyebut bahwa hujan dan badai Rob sebagai penyebab banjir di DKI Jakarta.

Menurut Manajer Penanganan Bencana Walhi Nasional, Mukri Friatna, tak seharusnya hujan dan Rob dijadikan alasan penyebab banjir.

"Kalau lama-lama hanya menyalahkan curah hujan nanti masyarakat ini takutnya musyrik. Bilang banjir karena Tuhan, padahal kan hujan itu berkah," kata Mukri dalam sebuah diskusi, di Jakarta, Sabtu (18/1).

Menurut Walhi, bencana banjir dan longsor yang terjadi di daerah dikarenakan banyak hutan yang beralih fungsi.

Sebelumnya, saat meninjau lokasi banjir di Kelapa Gading, Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Jokowi menjelaskan alasan terjadinya banjir di kawasan perumahan elite tersebut. Salah satunya intensitas hujan yang tak kunjung berhenti dan banjir rob.

"Memang terjadi hujan deras di sekitar Pulogadung dan robnya naik. Problemnya ada di situ," kata Jokowi.

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Golkar DKI Jakarta Asraf Ali menegaskan penanganan banjir memang memerlukan waktu yang cukup lama. Walau sejauh ini sudah ada perbaikan seperti gorong-gorong dan pengerukan kali, namun masih dinilai belum efektif mengurangi banjir Jakarta.

"Saya kira biar masyarakat yang menilai kinerja Gubernur Jokowi dalam memperbaiki infrastruktur banjir di Jakarta. Kalau kinerja gubernur sekarang baik, saya kira banjir tidak akan separah saat ini. Masyarakat yang merasakan," ujar Asraf Ali.

Warga Jakarta, kata Asraf, sangat berharap banyak kepada Jokowi untuk menepati janjinya dalam mengurangi dampak banjir.

Asraf mengakui, perlu strategi untuk jangka panjang memperbaiki insfrastruktur banjir. Namun untuk jangka pendek dan pengalaman awal tahun lalu seharusnya Pemda DKI sudah bisa merumuskan langkah-langkah antisipasi agar banjir tidak terus melumpuhkan Jakarta.

"Bagi kami fraksi Golkar DKI saat ini bagaimana pemda menangani korban banjir dengan serius. Kalau masalah infrastruktur banjir biar masyarakat yang menilai sendiri," kata Asraf.

sumber : http://www.beritasatu.com/megapolita...na-banjir.html

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
ntu salah banjir salah jokowi karena kebanyakan pencitraan
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive