SITUS BERITA TERBARU

Transparansi Dana Kampanye Bisa Mencegah Korupsi

Sunday, January 12, 2014

Transparansi dana kampanye menjadi salah satu cara mencegah korupsi politik. Melalui ini masyarakat dapat mengetahui sumber pendanaan partai dan pengelolaan dana tersebut. Korupsi itu masalahnya bukan perempuan atau laki-laki yang jadi aktornya. Aktornya bisa siapa saja. Penyebab korupsi yang harus dicegah, diatasi. Misalnya, dengan transparansi dana kampanye.
Kampanye yang efektif dan tak menghambur-hamburkan uang, biaya politik bisa ditekan seminimal mungkin. Apabila biaya politik ketika kampanye sudah besar, maka calon legislator tersebut akan mencari dana sebanyak-banyaknya setelah terpilih.
Transparansi dana kampanye membuat masyarakat lebih mengetahui keuangan partai. Karena masyarakat jadi tahu bagaimana si calon itu mengelola keuangannya, dari mana sumbernya dan di pergunakan untuk keperluan apa saja.
Selain itu juga, dengan transparansi dana kampanye, maka para caleg ini tentunya hanya akan mendapatkan sumber-sumber dana yang legal serta menggunakan dana tersebut untuk pengeluaran yang juga legal. Transparansi dana kampanye menjadi cara untuk mengajarkan kepada partai dan caleg untuk berlaku lebih akuntabel. Mengingat, nantinya para caleg yang akan mengelola negara dengan cara yang akuntabel.
Dengan demikian, transparansi dana kampanye juga akan mencegah politik uang serta peran dari Bawaslu dan masyarakat pun sangat penting dalam mengawasi dan mengontrol dana kampanye yang di pergunakan parpol dan para caleg sehingga praktek adanya korupsi menjelang dan saat Pemilu 2014 akan dapat di cegah seminimal mungkin.
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive