SITUS BERITA TERBARU

Seram! Ada Pocong di Malioboro

Monday, January 6, 2014
Quote:Kawasan Malioboro, Yogyakarta, nampak penampakan pocong. Hantu berbalut kain berwarna putih ini juga sering terlihat di kawasan titik nol atau depan gedung Istana Kepresidenan Yogyakarta. Pocong ini biasanya berdiri di bawah pohon beringin depan Istana lengkap dengan wajah yang penuh darah
Anehnya, pocong tersebut justru didatangi pengunjung di Malioboro. Masyarakat bahkan memanfaatkan kesempatan bertemu pocong ini untuk berfoto. Salah satu pengunjung dari Semarang, Irma kepada Liputan6.com mengatakan, aksinya berfoto bersama pocong ini sebagai kenang-kenangan berkunjung di Malioboro.

Seram! Ada Pocong di Malioboro
"Ya buat kenang-kenangan aja mas habis dari Malioboro," kata Irma, Yogyakarta, Minggu (04/01/2014).
Berbeda dengan Dita, foto bersama pocong ini hanya sekedar iseng. "Buat lucu-lucuan aja mas," ujarnya.
Ya, pocong ini adalah aksi seni kontemporer performance art dari Ali Kebondanu yang memerankan sosok hantu menyeramkan itu. "Ini ngamen cara kita. Mau nyanyi juga nggak bagus suaranya, jadi gini aja," kata Ali.
Dirinya mengaku tidak mematok harga kepada pengunjung yang tertarik berfoto bersamanya yang berkostum pocong. Ia mempersilahkan para pengunjung membayar sesuka rela, ada yang menghargai hanya Rp 2 ribu hingga Rp 50 ribu. Dalam semalam Ali dapat meraup uang dari hasil ngamennya ini, antara Rp 100 ribu sampai 500 ribu.
"Kalau sepi ya Rp 100 ribu, tapi kali ramai kayak gini bisa Rp 500 ribu," ujarnya.
Ketika berfoto, biasanya pengunjung Malioboro meminta gaya berbeda dan tidak terkesan menyeramkan. Bahkan, tak jarang yang berpose 'alay' atau anak layangan. Tidak hanya pocong, akhir pekan dan musim libur seperti saat ini banyak rekan seprofesinya bergentayangan di Malioboro dengan kostum berbagai jenis hantu.
"Ada gendruwo, kuntilanak, juga ada kalau pocong ada 4 orang di sini mas," kata Ali.
Selain warga yang berfoto bersamanya, lanjut Ali, juga ada selebriti yang pernah meminta foto bersama. Salah satunya, presenter kondang Daniel Mananta. "Presenter Daniel itu lho mas. Lainnya lupa, pokoknya artis," ungkapnya.
Profesi sebagai pocong ini telah digelutinya kurang lebih 1 tahun untuk meramaikan kawasan Malioboro dengan memberikan sedikit hiburan berbeda kepada pengunjung. "Biar ramai aja mas Malioboro, biasanya habis foto saya becandain aja, nanti malam ketemu lagi ya, terus ntar mereka jawab ih amit-amit deh," kata Ali sambil tertawa. (Tya/Rmn)


sumber

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive