SITUS BERITA TERBARU

Paus Kelabu Berkepala Dua Ditemukan Terdampar (PertamaX)

Wednesday, January 8, 2014


Quote:
Ilmuwan di Meksiko menemukan paus kelabu kembar siam di wilayah semenanjung Baja California. Temuan itu diyakini merupakan pertama kali yang terdokumentasi.

Paus kelabu (Eschrichtius robustus) kembar siam yang masih bayi itu tepatnya ditemukan di Laguna Ojo de Liebre, Meksiko, pada Minggu (5/1/2014).

Kondisi paus kelabu kembar siam itu sudah mati ketika ditemukan. Sementara, diketahui bahwa bagian yang dempet adalah tubuhnya. Paus memiliki satu tubuh dengan dua kepala.

Karena kondisi bayi paus kelabu yang belum berkembang baik, Alisa Schulman-Jangier dari American Cetacean Society, seperti diberitakan Ninemsn.com.au, Selasa (7/1/2014), menduga bahwa bayi paus itu lahir prematur atau memang janin yang keguguran.

Bangkai hanya berukuran 2,1 meter, sementara bayi paus kelabu normalnya mencapai 3,6 meter hingga 4,8 meter. Paus kelabu bisa tumbuh hingga 14,9 meter di perairan Arktik.

Paus kelabu memang diketahui bermigrasi dari wilayah kutub ke semenanjung Baja California untuk melahirkan bayinya. Lokasi tersebut dinilai pas untuk melahirkan dan perkembangan bayi paus.

Bayi kembar siam pernah dijumpai pada jenis paus lain, seperti paus minke. Namun, kasus pada paus kelabu diduga baru yang pertama.



sumber:kompas
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive