SITUS BERITA TERBARU

Panel Reformasi Cina ala Jinping Mulai Bertugas

Thursday, January 23, 2014
Panel Reformasi Cina ala Jinping Mulai Bertugas



Quote:Sebuah panel Partai Komunis Cina yang bertugas melaksanakan reformasi telah mengadakan pertemuan pertama dengan melibatkan empat pejabat tinggi, Kamis 23 Januari 2014. Panel yang dibentuk November lalu, akan melaksanakan reformasi pada korupsi, reformasi tanah, pasar, dan finansial.

Presiden Xi Jinping akan memimpin panel reformasi Cina tersebut. Tiga anggota panel berasal dari panitia kerja Politbiro yaitu Perdana Menteri Li Keqiang, Kepala Propaganda Liu Yunshan, dan Wakil Perdana Menteri Zhang Gaoli yang ditunjuk Wakil Ketua Panel.

Pembentukan kelompok ini diumumkan setelah Sidang Pleno Ketiga Partai Komunis pada bulan November, sebuah pertemuan partai untuk menetapkan kebijakan untuk jangka lima tahun mereka. Beberapa langkah reformasi di antaranya: penghapusan jaringan yang luas Cina kamp kerja paksa dan melonggarnya kontroversial kebijakan satu anak yang ada sejak 1980-an .

Tetapi pada saat yang sama, para pemimpin baru Cina ini jusru menghukum aktivis yang bersuara keras tentang kebijakan pemerintah. Pemerintah memperketat kontrol atas kebebasan berekspresi dan menahan puluhan aktivis sejak Xi mengambil alih kekuasaan pada akhir 2012.

Ilham Tohti, seorang akademisi yang vokal mengkritik perlakuan pemerintah Cina terhadap sebagian besar Muslim Uighur minoritas ditahan. Xu Zhiyong, seorang pengacara hak asasi manusia terkemuka, diadili di Beijing pada Rabu karena terlibat dalam protes menyerukan pejabat untuk mengungkapkan aset mereka. Jaksa mendakwa dengan ancaman hukuman lima tahun.

Menurut surat kabar Global Times milik negara, panel reformasi baru memiliki 19 anggota dan akan mempunyai enam gugus tugas yang ditujukan memperkuat sistem ekonomi dan ekologi, demokrasi, dan supremasi hukum, budaya, dan sistem sosial.

SUMBER
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive