SITUS BERITA TERBARU

Nelayan Jakarta Utara Dapat 353 Mesin Kapal

Monday, January 6, 2014

Quote:TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Suku Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kelautan Liliek Litasari menyatakan telah menyalurkan 353 unit mesin kapal kepada nelayan di Jakarta Utara. Mesin-mesin tersebut ditujukan untuk membantu nelayan.

"Tahun 2013 sudah 353 buah," kata Liliek kepada Tempo, Senin, 6 Januari 2013. Mesin didistribusikan ke nelayan-nelayan di sentra nelayan di Jakarta Utara, seperti di Kalibaru, Cilincing, Marunda, dan Penjaringan.

Menurut Liliek, bantuan mesin kapal ini diberikan untuk meningkatkan tangkapan nelayan. Sebab, mereka mulai kesulitan menangkap ikan di pesisir. Di kawasan ini sudah mulai dibangun pulau-pulau dan pengembangan pelabuhan. "Nelayan harus melaut lebih jauh untuk dapat ikan," kata Liliek.

Berdasarkan data dari Dinas Kelautan dan Perikanan, telah dibagikan tiga jenis mesin kapal berdasarkan besar tenaga kuda (PK). Rinciannya, mesin 7 PK sebanyak 163 buah, 16 PK sebanyak 140 buah, dan 24 PK sebanyak 50 buah.

Liliek menambahkan, mesin-mesin tersebut diberikan kepada nelayan yang berstatus sebagai pemilik kapal. "Kami harap dapat membantu aktivitas nelayan," kata dia. Tahun ini, pemberian mesin kapal pun sudah direncanakan. "Tapi masih menunggu kepastian anggaran yang akan diberikan," ujar dia lagi.

Salah satu nelayan di Cilincing, Kasman, 39 tahun, membenarkan bahwa semakin hari nelayan memang semakin sulit menangkap ikan. Air di sekitar pantai sudah kotor karena berbagai limbah dan sampah. Ikan pun hidup makin ke tengah laut. "Tak bisa lagi jaring ikan dekat-dekat pantai," kata dia. Nelayan harus ikut berlayar makin ke tengah laut untuk mendapat ikan. Sedangkan mesin-mesin yang mereka miliki adalah mesin tua yang performanya sudah menurun.


Sumber
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive