SITUS BERITA TERBARU

(lagi lagi)Jokowi Perbaiki Waduk Milik Kementerian PU yang Longsor di Setiabudi

Monday, January 20, 2014
JAKARTA, KOMPAS.com - Turap Waduk Setiabudi, Jakarta Selatan, longsor pada Minggu (19/1/2014) kemarin. Waduk yang menjadi tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum tersebut akan segera diperbaiki oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Ini memang milik Kementerian PU. Hanya, yang darurat-darurat seperti ini ya kita tangani (Pemprov DKI Jakarta)," ujar Jokowi ketika meninjau lokasi longsor itu, Senin (20/1/2014) sore.

Jokowi mengatakan, jika tidak segera diperbaiki, maka turap yang longsor itu dapat mengancam perumahan warga serta perkantoran di sekitar waduk itu. Turap yang longsor itu berada di antara waduk dan Kali Cideng. Jika debit air Kali Cideng naik, maka air dapat melimpas ke waduk. Hal itu dapat mengancam permukiman dan kantor sekitarnya.

"Coba kalau air Cideng masuk ke sini (Waduk Setiabudi). Coba bayangin bagaimana kondisi di sana (permukiman)," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, sebagai pemimpin Jakarta, ia akan menjadi sasaran keluhan maupun kemarahan warga jika tanggul itu menyebabkan banjir. Untuk itu, ia mendorong agar perbaikan turap itu segera dilakukan agar tidak terjadi hal-hal lebih buruk.

"Kalau enggak cepat gini, ya saya yang disalahin. Ingat, saya tanggung jawab," kata Jokowi.

Untuk mengurangi dampak negatif longsoran turap waduk itu, pekerja dari Dinas PU Jakarta mulai bekerja membendung aliran air dari Kali Cideng ke waduk sejak Minggu malam. Mereka membuat bendung dari ratusan karung berisi pasir dan bronjong batu kali. Dinas PU Jakarta akan menguruk material tanah yang longsor dan menguatkannya kembali.

sumber

kementrian pu tambah panas ni abis lambat si
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive