SITUS BERITA TERBARU

Jokowi Umumkan Banjir Jakarta Hingga 12 Februari 2014

Wednesday, January 15, 2014
Jakarta - Gubernur DKI Joko Widodo telah mengeluarkan Surat Pernyataan Siaga Banjir Jakarta. Surat ini berlaku hingga 12 Februari 2013.

"Gubernur DKI Jakarta telah mengeluarkan Surat Pernyataan Siaga Banjir Jakarta," kata Kepala Pusat Data Informasi dan HUMAS BNPB, Sutopo Nugroho dalam keterangan persnya yang diterima detikcom, Rabu (14/1/2014).

Surat ini dikeluarkan Jokowi pada hari Selasa (14/1) kemarin. Status Darurat Bencana ini diartikan sebagai keadaan yang berpotensi bencana berupa peningkatan eskalasi ancaman. Penetapan satus ini berdasarkan pertimbangan dari BPBD DKI.

"Mekanisme ini telah ditempuh BPBD DKI Jakarta kepada Gubernur DKI sehingga dikwkuarkan surat Siaga Bencana Banjir Jakarta," lanjutnya.

Selasa (14/1), pemprov DKI telah melakukan modifikasi cuaca di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Untuk modifikasi cuaca ini, pemprov DKI menganggarkan dana Rp 20 miliar dari APBD 2014. Namun karena APBD tersebut belum mendapatkan persetujuan DPRD, maka dana tersebut ditalangi BNPB.

Modifikasi dilakukan menggunakan tiga pesawat, salah satunya adalah pesawat Hercules Cassa 212-200. Pesawat milik TNI AU ini membawa 6 ton garam yang dikemas dalam kontainer berbentuk corong hasil pengembangan teknologi modifikasi cuaca TNI AU. Di bagian buntut pesawat dibuat lubang berdiameter 30 cm sebagai tempat penyebaran garam di dalam awan. Dari kontainer tersebut, ada pipa besi yang menyambung ke lubang pembuangan itu. Teknologi ini pernah dilakukan pada tahun 2012 dan terbukti mampu mengurangi curah hujan 35 persen.

sumber : http://news.detik..com/read/2014/01/...ri?nd772204btr

semoga upaya Jokowi untuk meredam dampak banjir di jakarta bsa berhasil dan area yg terkena dampak banjir dapat diminimalisir

http://www.indonesiabergerak.com/
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive