SITUS BERITA TERBARU

(Forum Panastak) BNPB: Masalah Banjir Jakarta Juga Tanggung Jawab Masyarakat

Sunday, January 12, 2014
Jakarta - Masalah banjir masih menjadi momok bagi masyarakat DKI Jakarta menurut survei yang dirilis oleh Median. Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menilai bahwa perilaku masyarakat yang buruk juga berpotensi menimbulkan banjir.

"Dari segi kebijakan sebetulnya sudah baik ya, ada pengerukan, perbaikan. Kalau genangan atau banjir itu muncul akibat dari drainasenya, sementara kalau sungai saya perhatikan tingginya masih cenderung normal paska hujan," ujar Sutopo saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (11/1/2014).

Sutopo melihat sejumlah drainase yang dikeruk banyak sekali terdapat sampah yang menyumbat. Hal ini merupakan cerminan perilaku masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan.

"Saya lihat ada 62 titik genangan air di Jakarta dan itu tidak berubah. Dari dulu tetap 62 titik itu. Misalnya di titik satu telah dikeruk atau diperbaiki drainasenya, nah muncul titik lainnya yang baru. Kaitannya dengan perilaku masyarakat contohnya kita bisa lihat di Jl Sabang, di situ kalau malam banyak sekali pedagang kaki lima yang berjualan sehingga pada pagi hari kalau kita keruk drainasenya banyak sampah," kata Sutopo menerangkan.

Sementara itu dari aspek teknis sebenarnya sudah banyak upaya yang dilakukan. Tetapi masyarakat juga dituntut untuk berperan aktif dan tidak hanya menyalahkan Pemprov DKI Jakarta.

"Aspek teknis sih gampang, bagaimana mengeruk sungai, memperbaiki drainase, tetapi masalah buang sampah yang masih ada. Ini masalah antropogenik, kalau masalah kebijakan sudah baik, tapi faktor pemicunya yang kurang baik. Itu menjadi tugas bersama, merubah perilaku orang itu perlu penegakan peraturan yang tegas," sebut Sutopo.

Sumber: http://news.detik..com/read/2014/01/...arakat?9911012

Kalo jaman foke, itu tanggung jawab pemda DKI, jaman dewa, itu tanggung jawab bareng-bareng ......
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive