SITUS BERITA TERBARU

BNPB Klaim Korban Jiwa Sinabung 16 Orang

Wednesday, January 15, 2014
BNPB Klaim Korban Jiwa Sinabung 16 Orang



Quote:Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana Syamsul Maarif menyatakan, hingga saat ini total korban jiwa dari bencana Gunung Sinabung sebanyak 16 orang. Jumlah ini juga diklaim terdiri dari masyarakat yang sakit dan berusia tua.

"Kalau sudah tua pasti sakit. Kebetulan meninggalnya bersamaan," kata Syamsul di Kantor Presiden, Rabu, 15 Januari 2014.

Ia membantah masyarakat yang meninggal tersebut diakibatkan secara langsung dari bencana Sinabung. Ia juga menyatakan, seluruh masyarakat yang meninggal tak ada yang berada di tempat pengungsian. "Meninggalnya di rumah sakit semua," kata Syamsul.

BNPB mengklaim pada saat ini ada tiga posko bencana alam yang telah dibangun di sekitar Sinabung. Posko tersebut terdiri dari milik Pemerintah Daerah Kabupaten, milik Pemerintah Provinsi, dan posko nasional yang ditangani BNPB. "Pengungsi sekarang ada 26.088 orang."

Meski demikian, BNPB berkukuh bencana Sinabung belum masuk dalam kategori bencana nasional. BNPB menilai perlu adanya ketangguhan bangsa dalam menghadapi bencana yang terimplementasi juga melalui penerapan Undang-undang otonomi daerah.

"Selama pemerintah daerah belum 'collaps'. Kalau kurang mampu, BNPB akan bantu dan mampukan," kata Syamsul.

Syamsul memaparkan, pemerintah pusat melalui BNPB sudah memberikan bantuan ke Pemda Karo sebesar Rp 21 miliar. Selain itu pemda juga menerima bantuan dana sebesar Rp 3,64 miliar dan Pemprov Sumatera Utara sebesar Rp 1,55 miliar.

SUMBER
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive