SITUS BERITA TERBARU

#BanjirJakarta : Jokowi Perintahkan kirim Banjir Ke Istana

Sunday, January 19, 2014
TEMPO.CO, Jakarta - Tingginya air di pintu air Manggarai yang mencapai 960 sentimeter pada Minggu, 19 Januari 2014, dinihari tadi membuat tim dari Pusat Pengendali Operasional Badan Penanggulangan Bencana DKI bersiaga satu. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo bahkan telah meminta penjaga pintu air Manggarai untuk membuka pintu air ke arah Gunung Sahari dan Istana Negara sebelum akhirnya ditutup kembali.

Menurut Kepala Seksi Informasi Pusat Pengendalian Operasional Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta Bambang Surya Putra, sistem buka-tutup ini untuk membagi aliran air. �Dibuka perlahan dengan ketinggian 10 sentimeter," kata Bambang kepada Tempo, Minggu, 19 Januari 2014.

Menurut Bambang, dibukanya pintu air Manggarai secara perlahan agar daerah lain, seperti Gunung Sahari, tidak terdampak banjir. "Kalau dibuka lebih dari 10 sentimeter, akan berdampak ke wilayah lainnya," ujarnya.

Sabtu dinihari, saat sidak ke pintu air Manggarai, Jokowi minta pintu air ke arah Istana dibuka. Perintah itu dilakukan menyusul ketinggian air yang sampai di Manggarai sudah dalam batas limit.

Hingga pukul 02.00 WIB, pintu air Manggarai berada pada posisi siaga 1 dengan ketinggian permukaan air 950 sentimeter. Adapun di pintu air Karet setinggi 700 sentimeter.

Seperti dilansir Badan Penanggulangan Bencana DKI dalam akun Twitter-nya, pintu air Angke Hulu di posisi siaga 2 dengan ketinggian permukaan air 250 sentimeter.

Pintu air yang berada di posisi siaga 3 antara lain pintu air Katulampa dengan ketinggian air 80 sentimeter, Depok 210 sentimeter, Pulogadung 660 sentimeter, dan Pesanggrahan 165 sentimeter.

Sebagian pintu air lainnya masih terpantau dalam kondisi normal atau siaga 4, yaitu pintu air Cipinang dengan ketinggian air 125 sentimeter, Sunter Hulu 70 sentimeter, Waduk Pluit 130 sentimeter, Pasar Ikan 157 sentimeter, Krukut Hulu 135 sentimeter.

sumber : http://www.tempo.co/read/news/2014/0...-Air-ke-Istana

Jika Jakarta Banjir, Istana Negara jg hrs ikut merasakannya biar SBY tahu diri dan sadar

http://www.indonesiabergerak.com/
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

Blog Archive